Kompas.com - 09/04/2021, 21:13 WIB
Ilustrasi aerobik
ThinkstockphotosIlustrasi aerobik

KOMPAS.com - Senam aerobik menjadi contoh bentuk olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh individu segala usia.

Bentuk olahraga senam aerobik merupakan salah satu jenis senam irama berdasarkan sejumlah ciri khusus. Sehingga, tak heran jika aerobik merupakan bagian dari cabang olahraga senam.

Senam aerobik diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an.

Nama senam aerobik berasal dari penggabungan kata aero dan bios, yang bermakna gerakan latihan dengan tujuan membentuk sistem peredaran udara dan darah dalam tubuh.

Baca juga: Senam Aerobik: Pengertian, Ragam Gerakan, dan Manfaatnya

Seperti dikutip dari buku Mengenalkan Teknik Senam Dasar (1992) oleh Haryato, ciri olahraga senam dalam gerak aerobik adalah sebagai berikut:

  1. Rangkaian geraknya dipilih secara sengaja dengan mengikuti irama musik tertentu.
  2. Membentuk ketentuan ritmis, durasi, serta kontinuitas.
  3. Memunculkan keselarasan antara gerakan dan musik atau irama

Ciri tersebut membuat senam aerobik menggabunglan rangkaian gerak dan musik untuk meraih sebuah tujuan sebagai sebuah olahraga.

Gerak Senam Aerobik

Senam aerobik dalam pelaksanaan gerakannya selalu berhubungan dengan irama musik dan rangkaian gerak tertentu secara kontinu.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh

Rangkaian gerakan senam aerobik dipilih agar sesuai dengan tujuan pemenuhan kebutuhan oksigen dan meningkatkan denyut jantung.

Gerak dalam latihan aerobik menuntut seseorang untuk melakukan aktivitas sehingga kebutuhan oksigen dalam tubuh terpenuhi dalam kecepatan serta durasi tertentu.

Namun, dalam senam aerobik, gerakan bangkit mengatur napas mempunyai tujuan lain untuk melakukan pendinginan setelah tubuh berlatih dengan keras.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X