Kompas.com - 23/04/2021, 08:20 WIB
Pelari Indonesia Ulfa Silpiana (No.362) dan Gusti Ayu Mardili Ningsih (No.356) beradu kecepatan dengan para pelari lainya saat babak final lari estafet 4x400 meter Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018). Pada pertandingan ini tim pelari estafet Indonesia gagal meraih medali. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPelari Indonesia Ulfa Silpiana (No.362) dan Gusti Ayu Mardili Ningsih (No.356) beradu kecepatan dengan para pelari lainya saat babak final lari estafet 4x400 meter Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018). Pada pertandingan ini tim pelari estafet Indonesia gagal meraih medali.

KOMPAS.com - Lari bersambung atau lari estafet merupakan salah satu nomor dalam olahraga atletik.

Jumlah pelari estafet dalam 1 regu adalah empat pelari. Keunikan dari nomor ini adalah membawa media tongkat yang disalurkan dari pelari ke pelari hingga garis finis.

Adapun tongkat dalam lari sambung berukuran panjang 28-30 cm dengan diameter 4 cm yang terbuat dari kayu, pipa atau metal.

Tiap pelari menyalurkan tongkat estafet di tempat yang sudah disediakan, yakni wissel zone.

Dalam lari estafet yang merupakan teknik yang ideal saat pertukaran tongkat adalah tanpa melihat.

Baca juga: Mengenal Wissel Zone dalam Lari Estafet

Lari estafet umumnya mempertandingkan dua nomor untuk atlet putra maupun putri, yakni 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter.

Dari empat pelari tersebut, karakter pelari berbeda-beda tiap urutannya. Hal tersebut bergantung dengan tantangan yang dihadapi.

Berikut cara menyusun pelari estafet sesuai dengan karakter masing-masing:

  • Pelari 1

Pada lari sambung atau estafet, cara start yang digunakan pelari pertama adalah start jongkok.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Lari Estafet

Hal ini berbeda dengan start pelari 2, 3, dan 4 yang menggunakan start melayang.

Sehingga, pelari yang dipilih adalah berkarakter kuat dalam start jongkok.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X