Kompas.com - 23/04/2021, 07:20 WIB
Pemain voli putri Indonesia Aprilia Santini Manganang melancarkan spike keras ke bidang permainan pemain Thailand pada laga final bola voli putri SEA Games Kuala Lumpur di Malaysia International Trade and Exhibition Centre, Kuala Lumpur, Minggu (27/8). Tim voli putri Indonesia harus puas dengan medali perak setelah kalah dari Thailand 3 set (18-25, 24-26, 24-26).

 *** Local Caption *** PRIYOMBODOPemain voli putri Indonesia Aprilia Santini Manganang melancarkan spike keras ke bidang permainan pemain Thailand pada laga final bola voli putri SEA Games Kuala Lumpur di Malaysia International Trade and Exhibition Centre, Kuala Lumpur, Minggu (27/8). Tim voli putri Indonesia harus puas dengan medali perak setelah kalah dari Thailand 3 set (18-25, 24-26, 24-26). *** Local Caption ***

KOMPAS.com - Permainan bola voli dilakukan oleh enam (6) pemain tiap tim dengan beberapa pemain cadangan.

Enam pemain tersebut memiliki tugas dan peran berbeda seperti spiker, tosser, libero, dan pemain belakang.

Sebuah tim bola voli juga memiliki strategi atau taktik tersendiri tiap kali bermain. Pada dasarnya, taktik dalam permainan bola voli dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu menyerang dan bertahan.

Sebagai contoh, dalam permainan bola voli tiga orang pemain bertugas untuk memblok, satu orang bertugas mempertahankan daerah tengah, dan dua orang bertugas untuk mempertahankan daerah belakang, adalah pertahanan sistem 3-1-2.

Baca juga: Bola Voli Mini: Pengertian, Ukuran, dan Peraturan

Permulaan permainan bola voli diawali dengan teknik dasar servis yang kemudian disambut tim lawan untuk melakukan penyerangan.

Melihat banyaknya istilah dalam permainan bola voli, Kompas.com merangkum daftar istilah-istilah tersebut:

  • Service

Pukulan bola pertama dari garis belakang untuk mengawal permainan bola voli disebut dengan servis.

Orang yang melakukan serve disebut server. Serve/servis dilakukan saat memulai pertandingan. Tujuannya untuk mencapai area pertahanan kosong milik lawan.

Baca juga: Taktik Menyerang dan Bertahan dalam Bola Voli

  • Spike

Spike adalah pukulan keras dari spiker. Hal ini merupakan salah sati jenis serangan Nama lain spike adalah hit/attack/smash.

  • Spiker/smasher

Orang yang bertugas melakukan serangan dari depan dengan cara memukul bola sekeras-kerasnya adalah spiker atau smasher.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X