Kompas.com - 14/04/2021, 07:20 WIB
Pelari Indonesia Fadlin (kanan) menyerahkan tongkat kepada Lalu Muhammad Zohri pada babak final Lari Estafet 4x100m Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (30/8/2018). Lalu Muhammad Zohri, Fadlin, Eko Rimbawan dan Bayu Kertanegara mencatatkan waktu 38,77 detik sekaligus mempersembahkan medali pertama Indonesia dari nomor 4 x 100 meter sejak tahun 1966. ANTARA FOTO/INASGOC/ANDIKA WAHYUPelari Indonesia Fadlin (kanan) menyerahkan tongkat kepada Lalu Muhammad Zohri pada babak final Lari Estafet 4x100m Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (30/8/2018). Lalu Muhammad Zohri, Fadlin, Eko Rimbawan dan Bayu Kertanegara mencatatkan waktu 38,77 detik sekaligus mempersembahkan medali pertama Indonesia dari nomor 4 x 100 meter sejak tahun 1966.

KOMPAS.com - Lari estafet merupakan salah satu nomor dalam olahraga lari yang dilombakan pada ajang Olimpiade.

Menurut Encyclopaedia Britannica, lari estafet atau sering disebut lari sambung adalah suatu perlombaan lari yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting oleh satu tim.

Dalam satu regu atau tim lari estafet terdapat empat orang pelari yaitu pelari pertama (1), kedua (2), ketiga (3), dan keempat (4).

Ciri lari estafet yang tidak ada pada nomor lari lainnya adalah gerakan memindahkan tongkat dari pelari sebelumnya ke pelari selanjutnya.

Baca juga: Lari Jarak Menengah: Pengertian dan Peraturan Dasar

Proses memindahkan tongkat tersebut dilakukan sambil berlari cepat.

Pada ajang Olimpiade musim panas, nomor lari estafet yang dilombakan adalah 4x100 meter dan 4x400 meter.

Teknik Dasar Lari Estafet

Dalam buku Kepelatihan Atletik Jalan dan Lari (2018) karya Suratmin, teknik dasar lari estafet meliputi teknik awalan (start), teknik pergantian tongkat, dan teknik finis.

  • Teknik start

Dalam lari estafet dipisahkan ke dalam dua bagian yakni start jongkok dan melayang oleh pelari yang berbeda.

Start jongkok dilakukan pelari pertama dalam setiap regu, sedangkan penerima tongkat berikutnya hingga anggota regu terakhir melakukan start melayang.

Baca juga: Sejarah Lari Jarak Jauh

  • Teknik pergantian tongkat

Pergantian tongkat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya harus dilakukan dalam zona penyerahan atau exchange zone dengan panjang sekitar 20 meter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X