Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Kompas.com - 22/10/2023, 12:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan informasi yang sangat cepat di internet menyebabkan kebutuhan akan manajemen informasi yang baik dan efisien semakin meningkat.

Saat ini dalam membangun dan mengelola sebuah website sudah semakin mudah, tidak seperti dulu di mana kita harus membuat sistem sendiri dengan ratusan bahkan ribuan baris koding.

Dengan bantuan CMS (content management system) kita dapat dengan mudah mengelola website yang kita buat tanpa harus membuat sistem dari awal.

Baca juga: Komodifikasi Konten: Pengertian dan Contohnya

Pengertian CMS

CMS (Content management System) atau dikenal dengan sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan, memanipulasi atau mengubah isi dari suatu situs web.

Konten mengacu pada setiap jenis atau unit informasi digital yang digunakan untuk mengisi setiap halaman misalnya teks, gambar, animasi, suara , dan lain sebagainya yang dipublikasikan.

CMS bersifat fleksibel, di mana arti fleksibel pada CMS adalah strukturnya dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

CMS berbentuk aplikasi berbasis web yang diterapkan menggunakan bahasa pemrograman yang memiliki kemampuan pemrograman berbasis web.

Fitur-fitur yang terdapat dalam CMS pun cukup bervariasi, mulai dari manajemen layout situs, fitur pencarian, editing berita, editing foto, editing produk, dan lain-lain.

Kegunaan CMS adalah untuk mempermudah user membangun sebuah situs website dan juga memudahkan dalam mengedit konten ataupun template tanpa harus mempelajari begitu dalam beberapa bahasa pemrograman website.

Baca juga: Komponen dan Tata Letak pada Halaman Blog

Fungsi CMS

Saat ini ada beragam CMS yang disediakan dan cukup populer serta memiliki fitur yang lengkap untuk membantu dalam hal manajemen konten.

Adapun beberapa fungsi pokok CMS di antaranya:

  • Fungsi pembuatan isi (content creation)

Fungsi ini berarti CMS diarahkan untuk mampu menangani pengisian informasi secara mudah dan efisien, sehingga penggunanya tidak perlu menggunakan tag HTML dalam membuat sebuah halaman web.

Pengguna dapat memasukan konten berupa gambar, tulisan, video, dan lain sebagainya dengan implementasi yang lebih sederhana.

Baca juga: Jenis dan Manfaat Blog

  • Fungsi manajemen isi (content management)

Pada fungsi ini, CMS dibuat untuk mengatur pusat isian, baik penampilan data yang sudah atau belum terpakai sehingga dalam proses penampilan informasinya menjadi mudah.

  • Fungsi menerbitkan isi untuk ditampilkan (publishing)

Fungsi ini berarti CMS dibuat untuk memuat fleksibilitas dan pengembangan halaman dengan pola yang telah disediakan atau template.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com