Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Tokoh Seni Rupa Orphisme, Bauhaus, Kinetic, dan Optic Art

Kompas.com - 15/05/2023, 20:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada berbagai macam corak atau aliran dalam seni rupa.

Misalnya, Naturalisme, Futurisme, Kubisme, Ekspresionisme, Konstruktivisme, Surealisme, Orphisme, Bauhaus, dan Optic Art.

Kali ini, kita akan membahas aliran seni rupa Orphisme, Bauhaus, Kinetic, dan Optic Art.

Berikut pengertian dan tokoh aliran seni rupa Orphisme, Bauhaus, Kinetic, dan Optic Art:

Baca juga: Pengertian dan Tokoh Seni Rupa Neoklasikisme, Romantisme, dan Naturalisme

Orphisme

Dilansir dari Buku Sejarah Seni Rupa Modern (2020) oleh Ariesa Pandanwangi, Orphisme adalah aliran yang menggunakan kombinasi warna pragmatis murni yang disusun menjadi susunan warna yang harmonis.

Karya Orphisme berupa lukisan non-obyektif, dengan kata lain komposisinya tidak bermotif alam tetapi terdiri dari pola-pola warna geometrik.

Para pelukis aliran ini memperlihatkan corak yang berbeda, dengan menciptakan berbagai bentuk abstrak yang mendekati lukisan abstrak.

Aliran Orphisme pertama kali dikenalkan oleh Robert Delaunay pada 1911, yang oleh penyair bernama Apollinaire memberikan sebutan karya-karya Delaunay sebagai "orphic cubis".

Tokoh-tokoh Orphisme yakni Robert Delaunay, Frank Kupka, Terk Sonia Delaunay, Patrick Bruce, A.B. Frost, Stanton MacDonald, dan Morgan Russel.

Baca juga: Pengertian dan Tokoh Seni Rupa Realisme, Impresionisme, dan Neo-Impresionisme

Bauhaus

Bauhaus artinya rumah konstruksi, Van de Velde menggabungkan sekolah seni rupa dan seni dekorasi pada tahun 1919. Bauhaus dikembangkan oleh Walter Gropius sehingga menjadi pelopor dalam modernisasi.

Tujuan pengajaran di sekolah Bauhaus adalah teori dan praktek harus seimbang, serta diajarkan oleh ahlinya yang terbaik pada masa itu.

Pelajar diarahkan memperbarui yang sudah ada, perkuliahan diberi pemahaman komposisi, studi warna, tekstur, dan diajarkan oleh seniman pelukis terkemuka di zamannya.

Intinya, Bauhaus adalah sekolah untuk calon-calon arsitek, seniman, dan pendesain yang amat berpengaruh di Eropa.

Gaya Bauhaus merupakan bentuk yang diturunkan dari bentuk-bentuk geometris abstrak, dan berpengaruh besar pada perkembangan seni kerajinan, seni rupa, tata ruang dalam/interior.

Baca juga: Pengertian dan Tokoh Seni Rupa Primitivisme, Dadaisme, dan Surealisme

Kinetic Art

Kinetic Art artinya seni gerak. Secara etimologi Kinetic berasal dari kata Kinetikos (Bahasa Yunani) yang artinya gerakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com