Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instrumen Tiup dalam Orkestra

Kompas.com - 07/03/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comOrkestra adalah pertunjukan musik besar yang memainkan sekelompok alat musik tiup, petik, dan pukul. Apa saja contoh instrument tiup orkestra? Instrumen tiup dalam orkestra adalah:

  • Saksofon
  • Basson
  • Oboe
  • Piccolo
  • Klarinet
  • Tuba

Baca juga: Instrumen Musik Pentatonis

Saksofon

Saksofon adalah alat musik tiup orkestra yang terbuat dari buluh tunggal dilengkapi dengan tuts jari untuk menghasilkan suara.

Saksofon menghasilkan suara yang kuat, bulat, kompleks, dan juga lembut.

Basson

Contoh instrumen tiup dalam orkestra adalah bassoon. Dilansir dari Hello Music Theory, bassoon adalah instrument buluh ganda dari orkestra yang dimainkan dalam rentang tenor dan bass.

Basson menghasilkan suara yang megah, intens, kaya, besar, dan penuh.

Baca juga: Jenis-jenis Alat Musik Berdasarkan Bentuknya

Oboe

Instrumen tiup dalam orkestra selanjutnya adalah oboe. Oboe adalah alat musimtiup yang terbuat dari dua buluh kayu (buluh ganda) untuk menghasilkan suara.

Oboe memiliki 17 tuts dan menghasilkan suara yang hangat, jelas, cerah, kuat, dan tajam.

Piccolo

Instrumen tiup dalam orkestra selanjutnya adalah piccolo. Dilansir dari Dawkes Music, piccolo adalah alat musik tiup kayu tertinggi dalam orkestra karena memiliki ukuran setengah suling namun mampu memainkan nada yang satu oktaf lebih tinggi.

Baca juga: 4 Alat Musik Tiup Tradisional Khas Indonesia

Klarinet

Klarinet adalah alat musik tiup yang terbuat dari buluh kayu tunggal. Klarinet mulai digunakan dalam orkestra sekitar tahun 1780-an.

Ada beberapa jenis klarinet yang dimainkan dalam orkestra, seperti klarinet Bb, klarinet C, klarinet alto, klarinet sopranio, klarinet bass, dan klarinet kontrabass.

Tuba

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, tuba adalah alat musik tiup kuninan bernada dalam dengan katup dan lubang berbentuk kerucut lebar.

Tuba adalah alat musik terbesar dalam orkestra karena ukurannya sekitar sembilan hingga 18 kaki dengan berat mencapai 30 hingga 50 pon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com