Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dihasilkan dari proses Fotosintesis?

Kompas.com - 21/02/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comFotosintesis adalah reaksi terpenting yang menunjang kehidupan di bumi. Namun, tahukah kamu apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis. Yang dihasilkan proses fotosintesis adalah oksigen, glukosa, elektron, dan juga hidrogen.

Oksigen

Yang dihasilkan proses fotosintesis adalah oksigen. Oksigen dihasilkan saat molekul air dipisahkan dalam reaksi terang fotosintesis.

Pemisahan air akan membuat atom oksigen bebas. Dilansir dari Sciencing, atom oksigen bebas (O) akan bergabung dengan atom oksigen bebas lainnya dan menghasilkan gas oksigen (O2).

Baca juga: Fungsi Oksigen bagi Tubuh Manusia

Sebagian besar oksigen yang dihasilkan fotosintesis akan dilepaskan ke lingkungan melalui stomata daun dan sebagian akan digunakan untuk proses fosforilasi oksidasi dalam pembuatan energi (ATP).

Glukosa

Proses fotosintesis menghasilkan gula sederhana yang disebut dengan glukosa.

Dalam proses fotosintesis, karbon dioksida (CO2) tereduksi dengan mengikat elektron, bereaksi dengan air (H2O) dan menghasilkan glukosa (C6H12O6).

Glukosa yang dihasilkan fotosintesis kemudian akan digunakan untuk menghasilkan energi, bahan baku pembuatan struktur makanan, dan juga sebagai cadangan makanan.

Baca juga: Apa Fungsi Glukosa Hasil Fotosintesis bagi Tumbuhan?

Elektron

Yang dihasilkan proses fotosintesis selanjutnya adalah elektron. Elektron dihasilkan ketika cahaya matahari diserap oleh klorofil.

Dilansir dari Biology LibreTexts, klorofil mengalami oksidasi saat eksitasi dan menghasilkan elektron.

Elektron yang dihasilkan kemudian digunakan untuk membetuk energi dalam bentuk NADPH juga protein.

Baca juga: Partikel-Partikel Penyusun Atom: Proton, Elektron, Neutron

Hidrogen

Proses fotosintesis menghasilkan hidrogen (H+). Dilansir dari American Physical Society, dalam reaksi fotosintesis terjadi pemisahan air (H2O) yang didorong atau dikatalis oleh atom mangan dan kalsium.

Pemisahan air tersebut menghasilkan dua atom hidrogen (H+) untuk setiap satu molekul air (H2O).

Atom hidrogen yang dihasilkan proses fotosintesis kemudian disimpan dalam lumen tilakoid untuk kemudian digunakan dalam pembuatan energi (ATP).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com