Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Perangkat Keras Komputer

Kompas.com - 09/02/2023, 21:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Perangkat keras komouter atau hardware adalah komponen fisik dari komputer. Hardware ini memiliki sifat dan peruntukan yang berbeda-beda.

Perangkat keras komputer terdiri dari perangkat masukan, perangkat pemrosesan, perangkat keluaran, dan perangkat penyimpanan. Berikut ini adalah penjelasannya

  • Perangkat masukan data (input device)

Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan perintah data ke dalam komputer. Perangkat yang sering digunakan adalah papan ketik (keyboard), mouses, scanner, joystick, webcam, microphone, light pen, dan lain-lain.

Baca juga: Manfaat Jaringan Komputer

  • Perangkat pemrosesan atau CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan sebuah perangkat yang mampu memahami dan menjalankan perintah serta  data dari perangkat lunak. Kata prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU ini. Mikroprosesor merupakan CPU yang dibuat dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam bentuk sebuah chip (keping). Sejak pertengahan tahun 1970, mikroprosesor chip tunggal sudah sering digunakan, begitu juga dalam perangkat komputer.

Ilustrasi perangkat penyimpanancanva.com Ilustrasi perangkat penyimpanan

  • Perangkat penyimpanan (storage device)

Perangkat penyimpanan berfungsi sebagai penyimpan informasi atau data. Data tersebut dapat digunakan kembali atau dipindahkan ke perangkat komputer lain. Perangkat yang termasuk penyimpanan antara lain hardisk, CD (compact Disc), flashdisk, dan memory card.

  • Perangkat keluaran (output device)

Perangkat keluaran berfungsi untuk menampilkan data. Perangkat ini berguna untuk mengangkat data dan dikirim oleh mikroprosesor, kemudian ditampilkan melalui monitor atau printer.

Baca juga: Kerugian dari Jaringan Komputer

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com