Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Paru-paru Kanan dan Kiri

Kompas.com - 08/02/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Manusia memiliki dua paru-paru, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Tahukah kamu bahwa paru-paru kanan dan kiri berbeda? Berikut adalah perbedaan paru-paru kanan dan kiri!

Jumlah lobus

Perbedaan paru-paru kanan dan kiri adalah jumlah lobusnya. Paru-paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri memiliki dua lobus.

Menurut Raheel Chaudry dan Bruno Bordoni dalam Anatomy: Thorax, Lungs (2022), tiga lobus paru-paru kanan adalah lobus kanan atas, lobus kanan tengah, dan lobus kanan bawah.

Baca juga: Paru-paru: Pengertian dan Bagiannya

Lobus kanan atas dan lobus kanan tengah dipisahkan oleh celah horizontal. Adapun, lobus kanan tengah dan lobus kanan bawah dipisahkan oleh celah miring.

Sedangkan, kedua lobus paru-paru kiri dipisahkan oleh celah miring.

Struktur

Paru-paru kanan dan kiri memiliki struktur yang berbeda. Dilansir dari Lumen Learning, paru-paru kanan lebih pendek namun lebih lebar daripada paru-paru kiri.

Sedangkan, paru-paru kiri lebih sempit namun lebih panjang daripada paru-paru kanan.

Adapun, struktur paru-paru kanan yang lebih pendek diakibatkan oleh adanya hati di bagian bawahnya. Sehingga, paru-paru kanan memendek untuk menyediakan ruang bagi hati.

Baca juga: Organ Hati: Bagian dan Fungsinya

Ukuran

Perbedaan paru-paru kanan dan kiri adalah ukurannya. Paru-paru kanan memiliki ukuran yang lebih besar daripada paru-paru kiri.

Dilansir dari Physiopedia, hal tersebut karena jantung miring ke kiri sehingga paru-paru kiri lebih kecil dan memiliki lekukan untuk menampung jantung. Lekukan tersebut dinaman dengan kardiak impression atau takik jantung.

Berat

Karena memiliki ukuran yang berbeda, berat paru-paru kanan dan kiri juga berbeda.

Paru-paru kanan memiliki berat sekitar 626 gram, sedangkan paru-paru kiri memiliki berat sekiyat 560 gram. Artinya, paru-paru kanan lebih berat daripada paru-paru kiri.

Baca juga: Pleura, Struktur yang Melindungi Paru-paru

Bronkus

Perbedaan paru-paru kanan dan kiri selanjutnya adalah jumlah bronkusnya. Paru-paru kanan memiliki tiga bronkus, sedangkan paru-paru kiri hanya memiliki dua bronkus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com