Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Positif dari Globalisasi Ekonomi

Kompas.com - 02/11/2022, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Globalisasi memberikan dampak positif dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi. Globalisasi dalam bidang ekonomi kerap disebut dengan globalisasi ekonomi.

Waters dalam buku Pengantar Sosiologi (2004) karya Sunarto Kamanto, berpandangan bahwa globalisasi berlangsung salah satunya pada bidang perekonomian.

Globalisasi ekonomi tampak antara lain di bidang perdagangan, produksi, investasi, ideologi organisasi, pasar modal, dan pasar kerja. Globalisasi perekonomian ini mampu membawa banyak manfaat positif sebagai berikut: 

Baca juga: Pengertian Globalisasi Ekonomi dan Ciri-cirinya

Berkembangnya perekonomian negara

Salah satu dampak positif kehadiran globalisasi ekonomi adalah makin berkembang dan menggeliatnya perekonomian sebuah negara.

Hal tersebut terjadi karena makin banyak modal yang masuk ke sebuah negara. Indonesia juga menjadi salah satu sasaran dunia internasional sebagai tempat terbaik untuk berinvestasi, terutama untuk sektor pertambangan, pertanian, dan industri.

Adanya perusahaan global yang melebarkan sayapnya ke seluruh dunia tentu saja menjadi angin segar bagi perekonomian, terutama bagi negara-negara berkembang.

Indonesia tak terkecuali. Hal ini menjadi berkah tersendiri yang harus disyukuri, tetapi sekaligus harus tetap diwaspadai.

Baca juga: Bentuk Nyata Globalisasi Ekonomi

Dampak positif globalisasi ekonomi 

Berikut adalah beberapa dampak positif dari globalisasi ekonomi secara lebih terperinci:

  • Globalisasi ekonomi mampu menstimulasi tumbuhnya perekonomian di negara tujuan yang mayoritas adalah negara berkembang, negeri kita pun turut merasakannya. 
  • Globalisasi ekonomi membuat lebih terbukanya mekanisme dan kesempatan investasi di kancah internasional.
  • Globalisasi ekonomi mendorong ekonomi dunia untuk terus tumbuh. Tak hanya parsial dan sektoral, perekonomian dunia tumbuh secara menyeluruh. Hal tersebut disebabkan karena adanya industri yang lokasinya berubah sehingga mendorong efisiensi.
  • Pendapatan yang meningkat di negara-negara berkembang sebagai buah dari bebasnya perdagangan berskala internasional juga menjadi dampak positif dari globalisasi ekonomi. Peningkatan pendapatan itu pada akhirnya mampu menekan angka kemiskinan di dunia.
  • Meningkatnya pendapatan negara-negara berkembang akibat perdagangan global pada gilirannya mampu membuat pendapatan per kapita turut meningkat di skala global.
  • Globalisasi ekonomi membuat komoditas barang dan jasa di satu negara meningkat variasinya. Hal ini disebabkan karena banyaknya tawaran beragam barang dan jasa oleh banyak negara, sehingga variasinya pun menjadi lebih banyak di pasar global. Meningkatnya variasi ini juga berakibat terpenuhinya kebutuhan dari penduduk di satu negara
  • Globalisasi ekonomi membuat sebuah negara mampu bersaing di pasar global secara lebih efisien.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com