Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bagian-bagian Hidung Manusia

Kompas.com - 05/10/2022, 08:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Hidung merupakan bagian yang penting yang dimiliki oleh setiap manusia, karena hidung memiliki fungsi sebagai organ pernapasan dan juga sebagai indra penciuman.

Sebagai bagian tubuh yang terluar, hidung secara langsung akan bersentuhan dengan berbagai macam gas atau udara yang akan diterima dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, fungsi hidung didefinisikan sebagai tempat penyaringan udara yang masuk ke dalam tubuh manusia, penyaringan udara ini dilakukan agar tubuh dapat menerima udara yang baik bagi tubuh.

Hidung memiliki bagian-bagian mulai dari yang terluar hingga ke bagian dalam. 

Bagian-bagian hidung terdiri dari lubang hidung, septum, bulu hidung, rongga hidung, sinus hidung, saraf hidung, tulang rawan, dan saluran hidung. 

Berikut penjelasannya: 

Baca juga: Organ berpasangan: Pengertian dan Contohnya pada Tubuh Manusia

Lubang hidung

Lubang hidung yang terdapat pada manusia ada dua buah lubang dan keduanya berfungsi sebagai pelindung hidung dari ancaman yang datang dari luar.

Kemudian lubang hidung juga berperan sebagai penentu ukuran sesuatu yang dapat masuk ke dalam hidung dan lubang hidung juga langsung berkaitan dengan rongga hidung.

Septum

Septum merupakan pemisah yang ada di antara kedua lubang hidung, septum terdiri dari tulang rawan dan dinding.

Dinding septum dilapisi dengan lendir serta memiliki pembuluh darah di dalamnya yang berguna untuk melembabkan dan mengatur suhu udara yang masuk melalui hidung.

Baca juga: Mengenal Organ Pernapasan Manusia dan Fungsinya

Bulu hidung

Bulu hidung merupakan bagian yang terdiri dari rambut-rambut halus yang memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang masuk.

Hidung sebagai tempat masuknya udara maka akan dengan mudah masuk berbagai macam udara, seperti udara yang bersih maupun tidak.

Bulu hidung berfungsi untuk menahan kotoran dari udara yang masuk agar tidak dapat masuk ke organ pernapasan lain di dalam tubuh.

Rongga hidung

Rongga hidung terletak pada bagian belakang cuping hidung dan berperan sebagai saluran pembersih utama bagi udara yang masuk menuju paru-paru. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan silia (rambut halus). 

Baca juga: Konka: Pengertian dan Fungsinya pada Hidung Manusia

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com