Kompas.com - 03/10/2022, 08:00 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan merupakan bentuk presipitasi atau endapan dari cairan atau zat padat.

Hujan menjadi sumber air bersih utama di sebagian besar wilayah dunia. Sebab, air yang dihasilkan dapat membantu berbagai ekosistem.

Jenis-jenis hujan

Ilustrasi hujan di musim kemarau. BMKG mengungkap, empat daerah di Jabar tidak mengalami musim kemarau sejak 2021 hingga saat ini, yakni Ciamis, Tasikmalaya, Garut, dan Pangandaran.SHUTTERSTOCK/Ju_see Ilustrasi hujan di musim kemarau. BMKG mengungkap, empat daerah di Jabar tidak mengalami musim kemarau sejak 2021 hingga saat ini, yakni Ciamis, Tasikmalaya, Garut, dan Pangandaran.

Berdasarkan proses terjadinya, hujan dibagi menjadi:

  • Hujan konvektif
  • Hujan orografis atau relief
  • Hujan frontal
  • Hujan muson.

Berikut penjelasannya:

Hujan konvektif

Terjadi akibat perbedaan panas di lapisan udara dan permukaan tanah.

Makin naik ke atmosfer, udara panas akan mendingin, hingga akhirnya uap air yang mengembun, membentuk awan cumulonimbus yang turun menjadi hujan.

Jenis hujan ini terjadi di seluruh wilayah, melainkan hanya pada cakupan wilayah yang kecil, sehingga di daerah tertentu hujan turun dengan deras, tetapi sekitarnya tidak.

Baca juga: Hujan Buatan: Proses dan Manfaatnya

Hujan orografis atau relief

Umumnya terjadi di perbukitan atau pegunungan, karena angin yang datang mendorong udara mengarah pada bukit, pegunungan maupun hutan hujan tropis.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.