Kompas.com - 12/08/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Produk Domestik Bruto (PDB) dan Produk Nasional Bruto (PNB) sering digunakan dalam perhitungan pendapatan nasional.

Keduanya mewakili total nilai pasar dari seluruh produksi barang dan jasa dalam kurun waktu tertentu. Meski begitu ada sejumlah perbedaan di antara keduanya.

Pengertian PDB dan PNB

Dilansir dari situs Investopedia, produk domestik bruto adalah nilai barang dan jasa domestik yang diproduksi dalam batas suatu negara.

PDB memperhitungkan pembelian barang dan jasa yang diproduksi selama periode tertentu. Fokus utamanya terletak pada total nilai produk.

Sementara itu, dikutip dari situs Vedantu, produk nasional bruto adalah nilai total barang dan jasa yang dihasilkan warga negara.

PNB mempertimbangkan pendapatan yang diperoleh warga negara, baik di dalam maupun luar negeri. Namun, tidak termasuk pendapatan warga asing yang tinggal di negara tersebut.

Baca juga: Apa Itu Gross Domestic Product (GDP)?

Perbedaan PDB dan PNB

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa dilihat bahwa PDB (Produk Domestik Bruto) dan PNB (Produk Nasional Bruto) memiliki sejumlah perbedaan.

Terangkan perbedaan PDB dan PNB

Perbedaan PDB dan PNB yang paling kentara terletak pada perhitungan nilai produksi barang dan jasanya.

PDB mengukur nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam batas negara, yakni oleh warga negara dan bukan warga negara.

Sementara PNB menghitung nilai produksi barang dan jasa oleh warga negara, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Rumus Pendapatan Nasional dan Contoh Soalnya

Dilansir dari situs Byjus dan Key Differences, berikut perbedaan PDB dan PNB dalam bentuk tabel:

PDB (Produk Domestik Bruto) PNB (Produk Nasional Bruto)
Mengukur produksi dalam negeri Mengukur produksi nasional
Berfokus pada produksi yang diperoleh dalam negeri Berfokus pada produksi yang dicapai oleh warga yang tinggal di negara berbeda
Menyoroti kekuatan ekonomi negara Menyoroti kontribusi penduduk dalam pengembangan ekonomi
Menghitung produktivitas dalam skala lokal (dalam negeri) Menghitung produktivitas dalam skala internasional
Barang yang diproduksi di luar negeri perekonomian tidak masuk perhitungan Barang dan jasa yang dihasilkan orang asing di negara tersebut tidak masuk perhitungan
Perhitungan didasarkan pada lokasi. Perhitungan didasarkan pada kewarganegaraan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.