Kompas.com - 09/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com – Tembaga adalah salah satu jenis logam yang banyak digunakan oleh manusia. Tembaga memiliki sifat fisika dan sifat kimia sebagai berikut!

Sifat fisika tembaga

Sifat fisika tembaga adalah berwarna kuning atau coklat kemerahan, lentur, daktilitas, konduktivitas, titik leleh, dan titik didih yang tinggi. 

Berwarna kuning kemerahan

Sifat fisika unsur tembaga yang pertama adalah memiliki warna yang khas yaitu, warna kuning atau coklat kemerah-merahan.

Seperti unsur logam lainnya, tembaga memiliki penampilan yang mengilap. Sehingga, tembaga memiliki warna kuning kemerah-merahan yang mengilap atau berkilau.

Baca juga: Apa Bedanya Sifat Fisika dan Sifat Kimia?

Lentur

Tembaga memiliki sifat yang lentur. Di mana tembaga dapat menahan tekanan fisik dan mudah untuk dibentuk.

Tembaga lentur, sehingga bukan merupakan logam yang keras dalam bentuk murninya.

Daktilitas

Sifat fisika tembaga selanjutnya adalah memiliki daktilitas yang tinggi (mudah regang). Yaitu, kemampuan untuk mengalami deformasi tanpa cepat hancur.

Tembaga dapat ditarik menjadi panjang tanpa putus dan rusak untuk membentuk kabel.

Baca juga: Sifat Fisika: Pengertian dan Ciri-ciri

Konduktivitas tinggi

Tembaga juga memiliki sifat fisika berupa konduktivitas yang tinggi. Di mana tembaga dapat mengahantarkan listrik dengan sangat bagik. Sehingga, tembaga menjadi bahan utama dalam berbagai komponen listrik.

Titik leleh dan titik didih tinggi

Seperti logam lainnya, tembaga memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi. Titik leleh tembaga berada sekitar 1.084 derajat celcius dengan titik didih mencapai 2.562 derajat celcius.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.