Kompas.com - 12/08/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Indonesia mempunyai iklim tropis. Karena terletak di garis khatulistiwa, tepatnya di 23,5º LU dan 23,5º LS.

Selain letak astronomisnya, letak geografis Indonesia juga berpengaruh terhadap pembagian musim di Indonesia.

Pembagian musim yang ada di Indonesia

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia.

Posisi ini menyebabkan Indonesia memiliki pola arah angin muson yang selalu berganti tiap setengah tahun sekali. Oleh sebab itu, Indonesia hanya memiliki dua musim.

Jelaskan pembagian musim yang ada di Indonesia

Menurut Sutanto Atmosumarto dalam buku Colloquial Indonesia: The Complete Course for Beginners (1994), pembagian musim yang ada di Indonesia adalah musim hujan dan kemarau.

Tiap musim tersebut berlangsung kurang lebih selama enam bulan. Musim hujan adalah musim di mana hujan sering terjadi. Sedangkan musim kemarau adalah musim di mana hujan jarang terjadi.

Baca juga: Musim, Iklim, dan Cuaca di Indonesia

Musim hujan biasanya dimulai bulan Oktober dan berakhir di bulan Maret. Sementara musim kemarau terjadi di bulan April dan berakhir pada bulan September.

Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, begitu pula sebaliknya, dinamakan musim pancaroba.

Biasanya ditandai dengan keadaan udara yang tak menentu, banyak angin besar terjadi, serta munculnya beberapa penyakit.

Dikutip dari buku Kompetensi Kognitif (2022) karya Muh. Luthfi Arrohman, saat musim hujan tiba, Indonesia akan mendapat suplai air dari Samudra Pasifik, yang terbawa angin muson barat daya.

Sementara ketika musim kemarau tiba, angin muson tenggara (muson timur) yang berasal dari Benua Australia akan membawa udara kering minim uap air.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Perbedaan Musim di Bumi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.