Kompas.com - 26/07/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Teater sering disebut sebagai kesenian yang paling lengkap. Karena merupakan gabungan dari berbagai cabang seni, seperti seni musik dan seni rupa.

Sama seperti drama, teater juga dilakukan di atas panggung. Unsurnya juga meliputi lakon, latar, tata rias, tata panggung, dan lain-lain.

Apa itu seni teater?

Pengertian seni teater

Menurut Tato Nuryanto dalam buku Apresiasi Drama (2017), seni teater merupakan kegiatan seni yang mengekspresikan kehidupan masyarakat, mulai dari konflik hingga percintaan.

Teater kerap dihubungkan dengan drama. Ada yang menyebut teater sebagai drama, maupun sebaliknya. Padahal ungkapan teater memiliki pemaknaan yang lebih luas ketimbang drama.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, teater atau theatre adalah seni yang berkaitan dengan pertunjukan langsung, di mana aksinya telah direncanakan secara tepat.

Baca juga: Fungsi Busana dalam Pertunjukan Teater

Istilah teater berasal dari kata theatron dalam bahasa Yunani, dan theatre dalam bahasa Inggris. Keduanya berarti pertunjukan atau dunia sandiwara yang menakjubkan untuk dilihat.

Bisa disimpulkan, pengertian seni teater adalah kegiatan seni yang mengekspresikan kehidupan masyarakat, disuguhkan dalam pertunjukan langsung melalui perencanaan yang tepat.

Fungsi seni teater

Dikutip dari buku Pembudayaan Literasi Seni di SD (2020) karangan Mansurdin, seni teater punya empat fungsi, yaitu sebagai sarana upacara, media ekspresi, hiburan, dan media pendidikan.

Berikut penjelasannya:

Halaman:
Sumber Britannica

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.