Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Utama Penyusun Rangka Manusia

Kompas.com - 20/07/2022, 13:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Rangka manusia adalah struktur dasar pembangun tubuh manusia. Rangka manusia disusun oleh beberapa jaringan. Komponen utama penyusun rangka manusia adalah tulang, sendi, ligamen, dan tendon

Tulang

Komponen utama penyusun rangka manusia adalah tulang. Tulang adalah alat gerak pasif yang memungkinkan manusia bergerak saat otot bekerja.

Secara garis besar, tulang dibedakan menjadi dua yaitu tulang dan tulang rawan. Adapun, menurut bentuknya, tulang dibagi menjadi tulang pipih, tulang pipa, tulang pendek, dan tulang tidak beraturan.

Baca juga: Daftar Nama Ilmiah Tulang Manusia

Sendi

Dilansir dari Biology Libretexts, seni adalah struktur yang menghubungkan tulang dengan tulang dan membentuk rangka manusia. Sedahananya, sendi adalah sambungan antar tulang.

Bentuk sendi brperan besar dalam pergerakan manusia. Sendi dibagi menjadi jenis yaitu sendi mati, sendi putar, sendi peluru, sendi geser, sendi engsel, dan sendi gulung.  

Ligamen

Komponen utama penyusun rangka manusia selanjutnya adalah ligamen.

Dilansir dari Medline Plus, ligament adalah jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan tulang ke tulang dan berfungsi menyatukan struktur agar stabil.

Baca juga: Macam-Macam Sendi dalam Tubuh

Ligamen menahan tulang, sendi, dan juga organ agar stabil dan memungkinkan manusia untuk bergerak bebas.

Ligamen adalah jaringan ikat fibrosa (berserat) yang berbentuk seperti pita silang, berwarna putih, dan bersifat elastis.

Tendon

Tendon adalah komponen utama penyusun rangka manusia yang juga merupakan jaringan ikat fibrosa seperti ligamen.

Dilansir dari Healthline, tendon berada di setiap ujung otot dan menempelkan otot ke tulang. Tendon juga dapat menghubungkan otot ke organ seperti yang terjadi pada bola mata.

Tidak seperti ligamen, tendon merupakan jaringan ikat fibrosa yang padat dan sangat kuat. Tendon menyatukan otot ke rangka dan menahan tarikan yang disebabkan kontraksi otot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com