Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Kompas.com - 08/07/2022, 08:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kutipan dipakai saat kita akan mengambil pendapat atau ucapan orang lain dalam buku, wawancara, majalah, atau koran.

Berdasarkan jenisnya, kutipan dibagi menjadi dua, yakni kutipan langsung dan tidak langsung (kutipan isi). Keduanya sering dijumpai dalam penulisan karya ilmiah atau berita.

Pengertian kutipan langsung dan tidak langsung

Menurut Mirnawati dalam buku Terampil Menulis Karya Ilmiah (2018), kutipan langsung adalah kutipan yang diambil secara lengkap sesuai teks aslinya.

Ada dua jenis kutipan langsung, yaitu kutipan langsung panjang dan pendek.

Jika hasil kutipan kurang dari empat baris, disebut kutipan pendek. Sementara kutipan panjang, lebih dari empat baris.

Dikutip dari buku Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi (2019) karya Iwan Hermawan, kutipan tidak langsung adalah jenis kutipan yang diubah menggunakan kalimat sendiri.

Baca juga: Pengertian dan Ciri-ciri Karya Ilmiah

Adapun yang dikutip dalam kutipan tidak langsung adalah pokok pikiran, ringkasan, atau kesimpulan dari sebuah pernyataan atau tulisan.

Bedanya kutipan langsung dan tidak langsung

Salah satu perbedaan kutipan langsung dan tidak langsung adalah hasil kutipannya.

Kutipan langsung menyajikan hasil kutipan sama seperti pernyataan atau teks aslinya. Sedangkan kutipan tidak langsung, isinya sudah mengalami perubahan sesuai bahasa atau susunan kalimat penulisnya.

Perbedaan kutipan langsung dan tidak langsung lainnya adalah kutipan langsung digunakan saat seseorang ingin menjelaskan definisi atau pengertian.

Sedangkan kutipan tidak langsung lazim dipakai saat penulis atau pengarang hendak memperkuat argumennya menggunakan pernyataan atau isi teks yang berkaitan.

Baca juga: Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Kutipan langsung sering kali dianggap lebih mudah dilakukan daripada kutipan tidak langsung. Karena tidak perlu mengubah isi teks berdasarkan pemahaman penulis.

Kesimpulannya, perbedaan kutipan langsung dan tidak langsung terletak pada hasil kutipan serta penggunaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com