Kompas.com - 02/07/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia berasal dari berbagai suku, agama, ras, kepercayaan, pendidikan, dan pekerjaan.

Ini menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang pluralitas. Karena penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke memang sangat beragam dan unik.

Meski sering dikaitkan dengan konteks masyarakat Indonesia, terkadang istilah pluralitas membuat kita bingung. Sebab istilah ini mungkin jarang didengar atau dibicarakan.

Tahukah kamu apa arti pluralitas masyarakat Indonesia?

Berikut penjelasannya:

Pluralitas masyarakat Indonesia

Dikutip dari buku Kumpulan Materi Ajar Kreatif (2020) oleh Tim Pelatihan Online Pembuatan Buku Ajar Berbasis Digital, pluralitas masyarakat indonesia memiliki arti yang sama dengan kemajemukan bangsa Indonesia.

Kata plural berasal dari bahasa Inggris, berarti jamak. Sementara, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pluralitas diartikan sebagai kemajemukan.

Baca juga: Alasan Masyarakat yang Heterogen dapat Menghambat Integrasi Sosial

Dengan demikian, arti pluralitas masyarakat Indonesia sebenarnya sama dengan kondisi kemajemukan bangsa Indonesia.

Dilansir dari buku Dari Melayu Menjadi Indonesia (2018) karya Afthonul Afif dkk, arti pluralitas sebagai kemajemukan bangsa Indonesia, berangkat dari pemikiran van den Berghe.

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa ciri pokok dari arti pluralitas itu sendiri, yakni:

  1. Adanya sejumlah kelompok sosial dengan karakter budaya berbeda
  2. Kelompok sosial ini hidup saling berdampingan
  3. Sejumlah kelompok ini hidup dalam batasan dari kesatuan politik dan memiliki sistem ekonomi bersama
  4. Kelompok sosial ini bersifat otonom (berdiri sendiri).

Beberapa ciri pokok ini memang sangat tepat dengan konteks masyarakat Indonesia. Meski berasal dari berbagai kelompok sosial yang berbeda, masyarakat hadir dan hidup berdampingan satu sama lain.

Baca juga: 5 Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia

Menurut Ciek Julyati Hisyam dalam buku Sistem Sosial Budaya Indonesia (2020), pluralitas masyarakat muncul karena letak geografis Indonesia yang sangat strategis, yakni di antara Samudra Hindia dan Pasifik. 

Keadaan inilah yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu jalur lalu lintas perdagangan, yang kemudian menciptakan kondisi pluralitas dalam masyarakat Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.