Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Masyarakat yang Heterogen dapat Menghambat Integrasi Sosial

Kompas.com - 04/06/2022, 08:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki keberagaman budaya, suku, agama, dan ras. Ini tecermin dari masyarakatnya yang heterogen.

Pada satu sisi, masyarakat heterogen bisa membawa keuntungan bagi suatu negara. Contohnya kekayaan budaya, suku, bahasa, dan ras.

Namun di sisi lainnya, masyarakat yang heterogen menjadi salah satu faktor penghambat integrasi sosial.

Pengertian integrasi sosial dan masyarakat heterogen

Dikutip dari buku Keragaman dalam Dinamika Sosial Budaya: Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa (2020) karya Afnan Fuadi, integrasi sosial adalah proses penyesuaian berbagai unsur yang berbeda dalam masyarakat hingga menjadi satu kesatuan utuh.

Guna mengendalikan konflik serta penyimpangan sosial, dibutuhkan tindakan integrasi sosial. Tujuannya supaya masyarakat siap menghadapi kondisi yang heterogen dan beragam.

Menurut Mochtar Prakoso dalam buku Mindset Orang Kaya (2021), masyarakat heterogen merupakan sekumpulan orang yang memiliki perbedaan latar belakang.

Baca juga: Integrasi Sosial: Definisi dan Bentuknya

Heterogen bisa diklasifikasikan berdasarkan suku, agama, ras, tingkat pendidikan, ideologi, budaya, bahasa, dan sebagainya.

Kondisi masyarakat heterogen yang terkadang tidak kondusif, akan menghasilkan perubahan sosial ke arah yang lebih buruk.

Mengapa masyarakat yang heterogen dapat menghambat integrasi sosial?

Masyarakat heterogen dapat menjadi penghambat integrasi sosial karena akan sangat sulit menyatukan masyarakat yang memiliki perbedaan latar belakang.

Berbeda dengan kondisi masyarakat yang homogen, di mana seluruh anggotanya memiliki kesamaan suku, budaya, agama, bahasa, dan ras.

Selain itu, butuh niat dan kesadaran diri yang kuat dari anggota masyarakat heterogen untuk mau menerima segala bentuk perbedaan. Mulai dari agama hingga warna kulit.

Untuk bisa mencapai integrasi sosial sebagaimana yang diinginkan, butuh tekad, niat, kesadaran, serta kemauan untuk menyatukan berbagai perbedaan yang ada.

Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Cepat-Lambatnya Integrasi Sosial

Dalam hal ini, tidak semua masyarakat heterogen terbuka dan mau menerima perbedaan.

Kesimpulannya, alasan mengapa masyarakat yang heterogen dapat menghambat integrasi sosial adalah:

  1. Sangat sulit untuk menyatukan masyarakat yang berbeda latar belakangnya
  2. Butuh tekad, niat, kesadaran, dan kemauan untuk menyatukan berbagai perbedaan yang ada.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com