Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Hak dan Kewajiban Saling Berkaitan?

Kompas.com - 10/06/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Hak adalah hal yang pantas didapatkan dan dimiliki seseorang. Sementara kewajiban merupakan hal yang wajib dan seharusnya dilakukan.

Pelaksanaan hak dan kewajiban hendaknya diiringi tanggung jawab. Supaya pelaksanaan keduanya berjalan baik serta harmonis.

Hak dan kewajiban juga saling berkaitan satu sama lain. Keduanya tidak dapat dipisahkan dalam hal apa pun.

Alasan hak dan kewajiban saling berkaitan

Menurut Tasum dan Rani Apriani dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2019), hak dan kewajiban merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Hak dan kewajiban membentuk hubungan kausalitas atau sebab akibat yang saling berkaitan.

Alasan mengapa hak dan kewajiban saling berkaitan ialah ketika seseorang mendapatkan hak, secara otomatis orang tersebut akan mempunyai kewajiban.

Baca juga: Definisi Hak dan Kewajiban Warga Negara

Begitu pula sebaliknya, saat seseorang memiliki kewajiban akan suatu hal, secara otomatis pasti ia mendapat apa yang menjadi haknya.

Dikutip dari buku Kedisiplinan Pegawai (Dalam Tinjauan Motivasi Pelayanan Publik melalui Tanggung Jawab dan Reward and Punishment) (2022) karangan Adrianus Aprilius dan Elizabeth Lia Riani Kore, setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

Seperti mata rantai yang saling berkaitan, hak adalah apa yang akan dimiliki seseorang setelah melaksanakan kewajibannya. Sedangkan kewajiban merupakan apa yang harus dikerjakan.

Jika seseorang memiliki kewajiban tetapi tidak punya hak, ini bersifat tidak manusiawi atau tidak bermoral.

Sebaliknya, apabila seseorang mempunyai hak tetapi tidak punya kewajiban, ini adalah hal yang tidak adil dan sia-sia.

Mengapa hak dan kewajiban saling berkaitan? Berikan contohnya! 

Hak dan kewajiban saling berkaitan, karena keduanya merupakan hubungan sebab akibat.

Baca juga: Hak dan Kewajiban: Pengertian dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Hak akan timbul jika seseorang telah memenuhi kewajibannya. Begitu pula dengan kewajiban yang muncul, apabila seseorang memiliki hak.

Contohnya seseorang bekerja di perusahaan. Ia berkewajiban bekerja sesuai tugas yang diberikan. Karena telah memenuhi tanggung jawabnya, tiap bulan ia mendapat gaji sebagai hak yang wajib dimilikinya.

Contoh lainnya, kita sebagai warga Indonesia memiliki hak untuk bisa menggunakan fasilitas umum sebaik mungkin. Sebagai kewajibannya, kita harus memenuhi tanggung jawab kita dengan tepat waktu membayar pajak dan merawat fasilitas umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com