Kompas.com - 21/05/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Bencana kekeringan sering menimpa suatu wilayah ketika musim kemarau tiba atau hujan tak kunjung turun di kawasan tersebut.

Kekeringan adalah bencana yang terjadi ketika masyarakat di sebuah wilayah mengalami kekurangan air atau tidak mampu memenuhi kebutuhannnya akan air.

Menurut Bagus Ayo dan Rissalwan Habdy Lubis dalam buku Kebencanaan dan Kesejahteraan: Konsep dan Praktik (2014), bencana kekeringan dapat terjadi dalam jangka waktu lama, tergantung tingkat kekeringan di suatu kawasan.

Salah satu penyebab bencana kekeringan adalah musim kemarau berkepanjangan. Musim kemarau membuat pasokan atau penyimpanan air dalam tanah menjadi berkurang.

Ternyata kekeringan juga dapat disebabkan oleh penggunaan air berlebih, terutama ketika hal tersebut tidak diimbangi dengan banyaknya sumber air.

Baca juga: Proses Mitigasi Bencana Kekeringan

Dilansir dari situs BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bogor, berikut beberapa penyebab bencana kekeringan:

Letak geografis

Kekeringan bisa disebabkan oleh letak geografis suatu wilayah atau negara.

Contohnya Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa. Secara geografis, letak Indonesia berada di daerah "monsoon", yakni fenomena alam yang sering menyebabkan terjadinya perubahan iklim secara ekstrem.

Perubahan ini kemudian menyebabkan timbulnya hawa panas dan angin. Daerah yang semula kaya akan air menjadi kering. Ini makin diperparah ketika musim kemarau tiba.

Tingkat kelembapan tanah

Dikutip dari Buku Pintar Penanggulangan Kekeringan (2021) karangan Dion Yulianto, bencana kekeringan juga bisa disebabkan minimnya tingkat kelembapan tanah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.