Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Bencana Kekeringan

KOMPAS.com - Bencana kekeringan sering menimpa suatu wilayah ketika musim kemarau tiba atau hujan tak kunjung turun di kawasan tersebut.

Kekeringan adalah bencana yang terjadi ketika masyarakat di sebuah wilayah mengalami kekurangan air atau tidak mampu memenuhi kebutuhannnya akan air.

Menurut Bagus Ayo dan Rissalwan Habdy Lubis dalam buku Kebencanaan dan Kesejahteraan: Konsep dan Praktik (2014), bencana kekeringan dapat terjadi dalam jangka waktu lama, tergantung tingkat kekeringan di suatu kawasan.

Salah satu penyebab bencana kekeringan adalah musim kemarau berkepanjangan. Musim kemarau membuat pasokan atau penyimpanan air dalam tanah menjadi berkurang.

Ternyata kekeringan juga dapat disebabkan oleh penggunaan air berlebih, terutama ketika hal tersebut tidak diimbangi dengan banyaknya sumber air.

Dilansir dari situs BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bogor, berikut beberapa penyebab bencana kekeringan:

Letak geografis

Kekeringan bisa disebabkan oleh letak geografis suatu wilayah atau negara.

Contohnya Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa. Secara geografis, letak Indonesia berada di daerah "monsoon", yakni fenomena alam yang sering menyebabkan terjadinya perubahan iklim secara ekstrem.

Perubahan ini kemudian menyebabkan timbulnya hawa panas dan angin. Daerah yang semula kaya akan air menjadi kering. Ini makin diperparah ketika musim kemarau tiba.

Tingkat kelembapan tanah

Dikutip dari Buku Pintar Penanggulangan Kekeringan (2021) karangan Dion Yulianto, bencana kekeringan juga bisa disebabkan minimnya tingkat kelembapan tanah.

Apabila tanah memiliki tingkat kelembapan yang minim, penguapan air juga akan berkurang. Sehingga tidak cukup untuk membentuk awan.

Akibatnya suhu di permukaan tanah meningkat, sehingga pasokan air berkurang padahal banyak dibutuhkan masyarakat.

Kegiatan manusia

Selain faktor alamiah, kegiatan manusia juga bisa menyebabkan bencana kekeringan.

Saat populasi penduduk di suatu wilayah meningkat tajam, ini akan diikuti dengan naiknya permintaan air. Sehingga secara langsung maupun tidak, persediaan air tanah akan berkurang drastis.

Minim daerah resapan

Masih berhubungan dengan kegiatan manusia, daerah resapan yang sangat minim akibat pembangunan tempat tinggal, turut menjadi penyebab bencana kekeringan.

Karena tanah yang seharusnya mampu menyerap air hujan tertutup oleh beton untuk pembangunan rumah atau gedung. Akibatnya tidak ada air yang meresap ke dalam tanah.

Selain itu, penyebab bencana kekeringan lainnya adalah minimnya curah hujan, pemanasan global, serta kerusakan sarana dan prasarana penampung air.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/21/083000369/penyebab-bencana-kekeringan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke