Kompas.com - 21/05/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Valuta asing (valas) digunakan dalam kegiatan ekonomi internasional, seperti perdagangan antarnegara atau sekadar berinvestasi.

Secara sederhana, valuta asing bisa diartikan sebagai uang dalam bentuk mata uang negara lain. Valas bisa berbentuk kertas atau koin, dan biasanya memiliki nilai fluktuatif di pasaran.

Valuta asing memiliki kurs atau harga resmi yang tercatat di bank sentral.

Menurut Husna Ni'matul Ulya dalam buku Ekonomi Makro Islam: Pendekatan Teori Makro Ekonomi Konvensional dan Islam (2021), kurs valuta asing adalah jumlah uang domestik atau lokal yang dibutuhkan untuk mendapat satu unit mata uang asing.

Kurs valuta asing adalah perbandingan nilai mata uang dalam negeri dengan negara lain. Kurs ini menunjukkan harga uang suatu negara yang dinyatakan dalam nilai mata uang negara lain.

Faktor yang memengaruhi kurs valuta asing, kecuali cita rasa masyarakat. Karena hal tersebut tidak akan berpengaruh pada rasio atau perbandingan nilai mata uang suatu negara.

Baca juga: Pasar Valuta Asing: Konsep dan Fungsinya

Dikutip dari buku Ekonomi Makro (2015) karangan Iskandar Putong, berikut beberapa faktor yang memengaruhi kurs valuta asing:

Permintaan dan penawaran valas

Harga valas bisa jadi lebih mahal dari nilai nominal yang berlaku, jika permintaannya lebih dari jumlah yang ditawarkan. Ini juga bisa terjadi ketika jumlah permintaannya tetap, sementara penawaran berkurang.

Sebaliknya harga valuta asing akan lebih murah dari harga nominal, ketika permintaannya sedikit sementara penawaran banyak, atau permintaannya makin menurun meski jumlah penawarannya tetap.

Inflasi

Tingginya angka inflasi menunjukkan harga barang dalam negeri sedang melonjak tajam. Inflasi adalah kenaikan harga barang atau jasa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.