Kompas.com - 06/05/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Gunung dan bukit merupakan dua bentuk kenampakan alam yang bisa kita jumpai di beberapa daerah di Indonesia.

Sekilas, gunung dan bukit terlihat mirip. Karena keduanya sama-sama memiliki permukaan dan bentuk yang jauh lebih tinggi dari dataran rendah pada umumnya.

Namun, tahukah kamu bahwa gunung dan bukit itu berbeda?

Pengertian gunung dan bukit

Menurut Mulyadi dalam buku Bentuk-bentuk Muka Bumi (2019), gunung merupakan bagian permukaan Bumi yang menjulang lebih tinggi dari permukaan di sekitarnya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, gunung (mountain) adalah bentuk lahan yang menonjol di bagian atas. Umumnya menunjukkan lereng yang curam, area puncak yang relatif terbatas, serta relief lokal yang cukup besar.

Sementara itu, dikutip dari buku Science World - Bukit Gunung Pegunungan (2016) karangan Miki No, bukit adalah bagian permukaan Bumi yang memiliki ketinggian antara 200 sampai 300 meter di atas permukaan laut, dan bentuknya mirip kubah.

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Bukit juga bisa diartikan sebagai sebidang tanah yang menjulang lebih tinggi dari daerah di sekitarnya. Dibandingkan gunung, bukit jauh lebih mudah didaki.

Dalam situs National Geographic, dituliskan bahwa kondisi permukaan bukit tidak begitu curam dan tak terlalu tinggi.

 

Perbedaan gunung dan bukit

Salah satu perbedaan gunung dan bukit ialah ketinggiaannya. Biasanya gunung memiliki ketinggian minimal 2000 kaki atau sekitar 610 meter.

Baca juga: 4 Jenis Terbentuknya Gunung beserta Contohnya

Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa tinggi minimal gunung ialah 1000 kaki atau setara dengan 300 meter.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.