Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Unsur-unsur Berita

Kompas.com - 28/04/2022, 19:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Era Madani Idil, Guru SMPN 1 Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar, Riau

 

KOMPAS.com - Pada era sekarang ini, berita termasuk dalam deretan kebutuhan empat sehat lima sempurna. Bagaimana tidak, setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai masalah dan membutuhkan berita. 

Beragam informasi bergantian hadir memenuhi ruang kehidupan semua orang. Dengan banyaknya sajian berita, baik media cetak maupun elektronik, kita harus memanfaatkannya dengan baik. 

Pemahaman mengenai struktur dan kaidah teks berita akan mempermudah kita dalam menerima segala informasi yang tersaji dalam berita. Berita-berita tersebut berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan penambah wawasan.  

Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian dan unsur-unsur dalam beritat: 

Pengertian berita menurut para ahli

Berita merupakan bentuk sajian informasi dalam bentuk tulisan (surat kabar) maupun lisan (radio/televisi) dari sebuah peristiwa atau kejadian.

Baca juga: Teknik Penyampaian Berita yang Baik dan Benar

Macam-macam informasi yang tersaji dalam berita dapat berupa politik, ekonomi, olahraga, kriminal, hukum, dan sebagainya. Berikut beberapa pengertian berita, yaitu: 

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Berita adalah suatu informasi atau informasi tentang sesuatu yang baru terjadi atau sedang terjadi, tersaji berupa cetak, siaran, internet atau bisa juga dari mulut ke mulut kepada orang lain atau orang banyak.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita mempunyai arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. 

  • Menurut Charles A. Dana

Berita merupakan laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik untuk pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.

  • Menurut Eric C. Hepwood

Beirta yaitu laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

  • Menurut J. B Wahyudi

Beirta adalah sebuah uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa periodik.

  • Menurut Dja’far H Assegaf

Berita yaitu laporan tentang fakta atau ide yang terkinia (baru), yang dipilih oleh staf redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca.

Unsur-unsur berita dikenal sebagai 5W+1H yang terdiri dari what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Sehingga dapat disimpulan bahwa berita adalah laporan kejadian terkini. Berita juga dimaknai sebagai informasi tentang sesuatu yang baru saja terjadi atau akan segera terjadi. Berita juga umumnya digunakan sebagai sarana untuk membentuk opini publik.

Baca juga: Proses Penulisan Berita (News Processing)

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com