Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Spora, Sporangium, Sorus, dan Indusium pada Tumbuhan Paku

Kompas.com - 05/04/2022, 13:34 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comTumbuhan paku dapat berkembang biak dengan membentuk spora. Sporangium paku terdapat bertumpuk dalam suatu badan yang disebut sorus.

Namun, apakah perbedaan spora, sporangium, sorus, dan indusium pada tumbuhan paku? Spora, sporangium, sorus, dan indusium adalah struktur tumbuhan paku yang berbeda namun melengkapi satu sama lain.

Spora

Spora adalah alat reproduksi asaksual tumbuhan paku. Dilansir dari Thought Co, spora merupakan sel tunggal dengan kemampuan reproduksi untuk berkembang menjadi organisme baru.

Spora hanya terdiri dari satu sel tidak aktif dan berisikan materi genetik tumbuhan paku. Spora memiliki bentuk seperti bola kecil dan memiliki kemampuan bertahan dalam kondisi buruk.

Baca juga: Metagenesis Tumbuhan Paku: Pengertian, Skema dan Jenisnya

Sporangium

Sporangium adalah sporofit yang telah matang. Sporangium kemudian membelah secara meiosis dalam metagenesis tumbuhan paku dan menghasilkan spora.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, satu sporangium menghasilkan sekitar 16 hingga 32 spora. Sporangium kemudian melindungi kumpulan spora tersebut, sehingga kerap disebut sebagai kantong spora.

Sorus

Dilansir dari US Forest Service, sekelompok sporangium yang berisi spora kemudian membentuk sorus.

Sorus berada di bagian bawah daun tumbuhan paku, terlihat seperti kumpulan benda-benda bulat kecil yang sebenarnya adalah sporangium.

Sekelompok sporangium menempel satu-sama lain membentuk sorus dengan berbagai bentuk dan juga warna.

Baca juga: Persamaan Serta Perbedaan Antara Lumut dan Tumbuhan Paku

Perbedaan warna dan bentuk sorus bergantung pada spesiesnya, sehingga sorus kerap digunakan untuk mendeteksi jenis tumbuhan paku.

Misalnya, paku sarang burung dan paku ekor merak memiliki sorus berwarna coklat. Sedangkan, paku kadal dan paku hata memiliki sorus berwarna hitam. Adapun, paku rasa memiliki sorus berwarna kuning.

Daun tumbuhan paku tidak hanya memiliki satu sorus. Satu daun biasanya memiliki banyak sorus. Kumpulan sorus pada tumbuhan berpaku disebut dengan sori.  

Indusium

Dilansir dari Science Learning Hub, indisium adalah lipatan jaringan yang melindungi sorus. Indusium berbentuk seperti daun atau lapisan tipis yang menutupi dan melindungi sebuah sorus yang masih muda.

Baca juga: Pertumbuhan Tanaman Paku Menggunakan Spora

Indusium kemudian akan mengerut, menekuk, atau bahkan sobek ketika sporangium dalam sorus matang. Seperti halnya sorus, indusium memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan tumbuhan pakunya.

Misalnya, ada indisium berbentuk payung yang tidak menutupi semua sorus, ada yang bmenutupi seluruh bagian sorus seperti tudung, ada yang berbentuk ginjal dan linear, juga ada tumbuhan paku yang sorusnya tidak memiliki indisium.

Sehingga, spora, sporangium, sorus, dan indisium adalah struktur yang berbeda. Indisium adalah penutup sorus. Sorus adalah kumpulan dari sporangium, dan sporangium adalah kantong yang berisi kumpulan spora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com