Kompas.com - 04/12/2021, 15:12 WIB
Tumbuhan paku dan lumut yang hidup berdampingan pixabay.comTumbuhan paku dan lumut yang hidup berdampingan

KOMPAS.comTumbuhan paku dan lumut merupakan dua jenis tanaman primitif yang tergabung dalam Kingdom Plantae. Kedua tumbuhan ini kerap kali ditemukan tumbuh berdampingan. Perbedaan dan persamaan antara lumut dan tumbuhan paku adalah sebagai berikut!

Persamaan tumbuhan paku dan lumut

Beberapa persamaan tumbuhan paku dan lumut, yaitu:

Tidak berbunga dan berbiji

Persamaan antara lumut dan tumbuhan paku adalah keduanya merupakan tumbuhan yang tidak berbunga dan juga tidak berbiji. Tumbuhan paku dan lumut tidak memiliki bunga, sehingga tidak berkembangbiak dengan cara penyerbukan seperti tumbuhan lainnya.

Tumbuh baik di lingkungan yang lembab

Baik tumbuhan paku dan lumut, keduanya adalah tumbuhan yang tangguh. Lumut dan paku dapat tumbuh di mana saja, terutama di lingkungan yang lembab. Keduanya bahkan dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering, terlihat mati karena kekeringan, namun hidup kembali dengan baik saat lingkungan berangsur basah.

Fotosintesis

Persamaan lainnya dari tumbuhan paku dan lumut adalah mereka melakukan fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri. Sehingga, mereka bukanlah tumbuhan parasit yang menyerap nutrisi inangnya.

Baca juga: Perbedaan Xilem dan Floem

Sistem reproduksi yang mirip

Tumbuhan paku dan lumut memiliki sistem reproduksi yang mirip. Keduanya dapat bereproduksi secara aseksual maupun seksual. Keduanya baru bisa bereproduksi secara seksual jika berada dalam kelembaban yang cukup (membutuhkan air).

Hal tersebut dikarenakan sel sperma tumbuhan paku dan lumut menggunakan flagella sebagai alat gerak. Tanpa adanya air, sel sperma tidak bisa menggerakkan flagella dan pembuahan tidak akan terjadi.

Penghasil spora

Persamaan selanjutnya dari tumbuhan paku dan lumut yaitu keduanya sama-sama menghasilkan spora. Dilansir dari Thought Co , spora adalah struktur kecil yang mengandung materi genetik yang dibutuhkan untuk menumbuhkan tumbuhan baru.

Tumbuhan paku dan lumut yang menghasilkan spora, berarti keduanya mengalami pergantian generasi. 

Memiliki manfaat

Kedua tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang berguna bagi manusia. Tumbuhan paku dan lumut membantu mencegah pengikisan tanah (erosi). Beberapa spesies keduanya bahkan merupakan tanaman obat yang penting bagi manusia.

Baca juga: Jenis Akar Tumbuhan Berdasarkan Bentuknya

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.