Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Pemasaran Sama dengan Penjualan?

Kompas.com - 08/02/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPemasaran tidak bisa disamakan dengan penjualan. Pemasaran adalah upaya perusahaan untuk mencari tahu dan menawarkan produk ke pasar atau konsumen. Sedangkan penjualan merupakan kegiatan menghasilkan serta menjual produk atau jasa ke pasar.

Dalam praktiknya, pemasaran punya ruang lingkup lebih luas dibanding penjualan. Pemasaran dilakukan bahkan sebelum produk atau jasa dipasarkan perusahaan. Bisa dikatakan bahwa aktivitas penjualan sebenarnya termasuk kegiatan pemasaran.

Pengertian pemasaran dan penjualan

Dikutip dari buku Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi pada Era Digital) (2021) karya Hendra Poltak, dkk, pemasaran adalah konsep yang berorientasi pada kebutuhan serta keinginan konsumen, dengan didukung kegiatan pemasaran terpadu guna mencapai kepuasan pelanggan.

Intinya, pemasaran mengacu pada kebutuhan dan keinginan konsumen, kegiatan pemasaran terpadu, kepuasan konsumen, serta tujuan perusahaan jangka panjang.

Dilansir dari buku Practical Communication Skill (2014) karya Johnson Alvonco, penjualan merupakan salah satu fungsi pemasaran yang menjadi penentu dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.

Philip Kotler mendefinisikan penjualan sebagai kegiatan yang bertujuan mencari pembeli, memengaruhi, serta memberi petunjuk agar pembeli bisa menyesuaikan kebutuhannya dengan produk yang ditawarkan, dan mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan kedua belah pihak.

Baca juga: Perbedaan Riset Pasar dan Riset Pemasaran

Mengapa pemasaran dan penjualan tidak bisa disamakan?

Dikutip dari buku Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi (2021) karya Andy Wijaya, dkk, penjualan akan hanya dimulai ketika perusahaan sudah memiliki produk. Sementara pemasaran sudah dimulai bahkan sebelum produk ada.

Pemasaran tidak bisa disamakan dengan penjualan. Karena pemasaran berfokus pada cara perusahaan untuk mencari tahu kebutuhan pelanggan, serta upaya mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen.

Sedangkan fokus penjualan adalah menjual produk atau jasa yang telah dirancang perusahaan, agar dibeli dan digunakan pelanggan dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Penjualan adalah bagian dari pemasaran. Saat aktivitas penjualan berlangsung, aktivitas pemasaran pun masih dilakukan. Misalnya kegiatan pelayanan pascapenjualan agar pelanggan loyal pada perusahaan, merek, dan produk.

Kesimpulannya, pemasaran dan penjualan tidaklah sama. Pemasaran punya ruang lingkup lebih luas dan berfokus pada promosi produk atau jasa. Sedangkan penjualan adalah bagian dari pemasaran, dengan menjual produk atau jasa ke pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com