Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Riset Pasar dan Riset Pemasaran

Kompas.com - 05/02/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comRiset pasar dan riset pemasaran sama-sama sering digunakan perusahaan. Ada yang menyamakan keduanya, tetapi ada pula yang menganggap kedua jenis riset itu berbeda.

Perbedaan riset pasar dan riset pemasaran adalah riset pasar punya jangkauan riset lebih luas, yakni mencakup seluruh pasar, termasuk perilaku konsumen. Sedangkan riset pemasaran lebih berfokus pada perencanaan dan studi analisis pemasaran untuk pengambilan keputusan.

Apa itu riset pasar dan riset pemasaran?

Pengertian riset pasar

Menurut Andi Susilo, dkk dalam Buku Pintar Dunia Ekspor (2018), riset pasar (market research) adalah penelitian sistematis, mulai dari perencanaan masalah dan penentuan tujuan penelitian, hingga pengumpulan informasi dan data, serta interpretasi hasil penelitian.

Intinya, riset pasar mengkaji seluruh pasar beserta perilaku konsumennya. Mulai dari mengidentifikasi pasar hingga pengembangannya.

Pengertian riset pemasaran

Dilansir dari buku Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (2005) oleh Husein Umar, berikut pengertian riset pemasaran:

"Riset pemasaran adalah kegiatan sistematik yang bertujuan mengidentifikasi masalah dan peluang, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, serta penyebaran informasi, guna membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan identifikasi serta solusi yang efektif dan efisien di bidang pemasaran perusahaan."

Sederhananya, riset pemasaran lebih ditujukan pada penyediaan informasi yang diperlukan manajemen sebagai upaya pengambilan keputusan pemasaran.

Baca juga: Riset Pemasaran: Pengertian dan Jenisnya

Apa perbedaan riset pasar dan riset pemasaran?

Dikutip dari buku Metodologi Riset Pemasaran (2021) karya Abdul Samad Arief, dkk berikut beberapa perbedaan riset pasar dan riset pemasaran:

Riset pasar Riset pemasaran
Riset pasar adalah bagian dari riset pemasaran yang berfokus pada struktur pasar, tren ekonomi, kemajuan teknologi, kapasitas serta aktivitas pesaing, dan lain sebagainya. Riset pemasaran merupakan proses perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan informasi, guna memecahkan masalah pemasaran tertentu.
Berfokus pada proses, dan mengacu pada riset pemasaran ke segmentasi pasar tertentu. Mengacu pada seluruh jenis kegiatan yang bertujuan mengumpulkan dan meringkas informasi, untuk mengambil keputusan pemasaran.
Sifatnya lebih spesifik. Karena ditujukan ke segmentasi pasar yang telah ditentukan. Sifatnya lebih umum. Karena membantu penyelesaian berbagai masalah pemasaran.
Ruang lingkupnya terbatas, yakni pasar dan perilaku konsumen. Ruang lingkupnya lebih luas, yakni melibatkan seluruh proses pemasaran, seperti riset periklanan hingga pengambilan keputusan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com