Kompas.com - 26/11/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi memperkenalkan usaha canva.comIlustrasi memperkenalkan usaha

KOMPAS.com - Agar suatu usaha dikenal masyarakat, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya promosi barang atau jasa.

Tujuan utama pengenalan usaha ialah untuk membuat kegiatan usaha semakin sukses, meningkatkan keuntungan atau laba, serta menambah nilai penjualan barang atau penggunaan jasa.

Upaya agar usaha dikenal masyarakat

Apa yang harus dilakukan supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat? Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat:

Promosi barang atau jasa

Dikutip dari buku Kiat Praktis Membuka Usaha: Langkah Awal Menjadi Entrepreneur Sukses (2003) karya Pietra Sarosa, promosi adalah pemberitahuan kepada masyarakat luas mengenai usaha, tempat usaha, produk apa yang dijual, pengenalan produk, atau hal lainnya yang berkaitan dengan kegiatan usaha.

Promosi bertujuan untuk mengenalkan barang atau jasa kepada masyarakat luas, agar tertarik membeli dan menggunakannya.

Beberapa contohnya, promosi produk lewat iklan, promosi lewat konten media sosial, promosi dan menyebarkan informasi lewat brosur, promosi lewat reklame, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Penjelasan Hubungan Saling Ketergantungan Antarpelaku Usaha

Memperluas jaringan usaha atau bisnis

Menurut Aris Ariyanto dan kawan-kawan dalam buku Entrepreneurial Mindsets & Skill (2021), agar usaha semakin dikenal oleh masyarakat, pengusaha atau wirausaha harus memperluas jaringan usaha atau bisnis.

Karena jaringan bisnis akan mempermudah pengenalan produk ke banyak pihak, mulai dari teman terdekat hingga masyarakat luas.

Contohnya, menawarkan produk ke teman terdekat, meminta bantuan untuk promosi barang atau jasa, memberi kartu nama tentang kegiatan usaha, dan lain-lain.

Pada intinya, promosi tetap menjadi hal utama yang harus dilakukan supaya usaha dikenal oleh masyarakat. Karena promosi berarti mengenalkan dan memberi tahu kepada publik mengenai produk dan jasa yang ditawarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.