Kompas.com - 26/11/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi menjemur makanan wikipedia.org/commonsIlustrasi menjemur makanan

KOMPAS.com – Ketika memasak atau makan, kita seringkali menyisakan makanan. Sisa makanan tersebut biasanya dibuang atau dijadikan pakan hewan. Namun, apa yang terjadi jika sisa makanan dibiarkan terjemur di bawah sinar panas matahari?

Dampak makanan terjemur

Berikut beberapa dampak yang terjadi jika sisa makanan dibiarkan terjermur di bawah sinar panas matahari, yaitu: 

Makanan menjadi kering

Sisa makanan yang dibiarkan terjemur di bawah sinar panas matahari akan kering dan keras. Dilansir dari University of Minnesota Extension, paparan sinar matahari langsung secara konstan pada siang hari dengan kelembapan relatif kurang dari 20 persen akan membuat sisa makanan kering.

Hal ini dikarenakan panas matahari akan menguapkan kandungan air dalam sisa-sisa makanan. Panas matahari yang terik dan konstan juga menghambat pertumbuhan bakteri (sehingga pembusukan sulit terjadi).

Hal ini telah dikenal sejak zaman kuno, sehingga manusia telah lama mengeringkan makanan untuk menghambat pembusukannya.

Namun, sisa makanan yang cepat kering tanpa busuk terlebih dahulu adalah buah-buahan. Buah-buahan diketahui memiliki kadar asam dan juga gula yang tinggi, membuatnya menjadi tempat yang kurang disukai bakteri. Sehingga, buah-buahan akan kering tanpa membusuk terlebih dahulu dan terawetkan.

Baca juga: Alasan Terjadinya Pembusukan Sampah Sisa Makanan di Lubang Biopori

Makanan lebih cepat membusuk

Sisa makanan yang terbuat dari daging atau telur jika dibiarkan di bawah sinar panas matahari akan membusuk lalu kering.

Matahari menguapkan kandungan air dalam daging, namun daging dan telur mengandung banyak protein. Protein yang tinggi merupakan tempat berkembangnya bakteri.

Mengutip dari Food Safety and Inspection Service USDA, daging dan makanan berprotein tinggi akan memasuki zona bahasa pada suhu sekitar empat hingga 60 derajat celcius.

Pada rentang suhu tersebut, bakteri akan berkembang biak dengan sangat subur di dalam makanan dan memulai proses pembusukan.

Sehingga, sisa makanan berprotein tinggi seperti daging, ikan, dan telur jika dibiarkan di bawah panas matahari akan lebih cepat mengalami pembusukan. Sisa makanan yang telah busuk tersebut, kemudian akan perlahan mengering dan mengeras.

Baca juga: 5 Cabang Ilmu Kimia dan Penjelasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.