Kompas.com - 25/11/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi tipe-tipe editorial KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi tipe-tipe editorial

KOMPAS.com - Teks editorial sering kita temui dalam surat kabar. Teks editorial memuat opini atau pendapat mengenai isu terkini di masyarakat.

Menurut Abdul Kholiq dalam jurnal Analisis Pengembangan Teks Editorial Bertema Covid-19 di Media Indonesia (2020), teks editorial adalah teks yang berisikan pendapat atau opini redaksi terhadap suatu permasalahan atau isu aktual.

Biasanya teks editorial disusun oleh redaktur dengan memberi opini atau pendapatnya mengenai isu terkini yang bersifat nasional.

Jenis-jenis tipe editorial

Berikut yang termasuk dalam tipe editorial adalah interpretasi. Selain itu, tipe editorial masih dibagi menjadi tiga jenis, yakni editorial kritik, editorial persuasi, serta editorial pujian. Berikut penjelasannya:

Editorial interpretatif

Editorial interpretatif merupakan jenis teks editorial yang tujuannya menjelaskan fakta sebuah isu atau topik untuk memperluas pengetahuan pembaca.

Jenis teks ini bisa positif, netral, atau negatif, tergantung pendapat atau opini penulis mengenai topik tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Menyeleksi Ragam Informasi Teks Editorial

Editorial kritik

Adalah teks editorial yang tujuannya menyampaikan kritik terhadap sebuah fenomena atau topik yang tengah ramai dibicarakan masyarakat.

Tidak hanya berisikan opini dan kritik, jenis editorial ini juga sering memuat solusi dari fenomena yang sedang dibicarakan.

Editorial persuasi

Mengutip dari buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021) karya Khoirul Muslimin, editorial persuasif sifatnya membujuk. Teks ini ditujukan secara halus kepada pembaca untuk mengambil tindakan atau membentuk pendapat umum.

Editorial pujian

Teks editorial ini bersifat memuji. Ditujukan untuk memuji atau memberi pujian atas prestasi yang terjadi di masyarakat, atau topik mengenai prestasi suatu kelompok atau individu yang sedang ramai diperbincangkan.

Baca juga: Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.