Kompas.com - 09/09/2021, 12:37 WIB
Ilustrasi cabang ilmu kimia KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi cabang ilmu kimia
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari materi yang ada di dunia beserta perubahan di dalamnya. Ilmu kimia adalah ilmu yang luas, sehingga bidang studinya dibagi menjadi beberpa cabang

    Ilmu kimia dibagi menjadi lima cabang utama yaitu kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik, kimia fisik, dan biokimia.

    Berikut penjelasan kelima cabang ilmu kimia:

    • Kimia organik

    Dilansir dari American Chemical Society, kimia organik adalah studi tentang struktur, komposisi, reaksi, dan persiapan senyawa organik.

    Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari senyawa organik berbasis karbon yang dikombinasikan dengan hidrogen, dan elemen lainnya.

    Baca juga: Karakteristik Air Limbah Secara Fisik, Kimia, dan Biologi

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Awalnya, kimia organik adalah studi untuk mengeksplorasi dan membuat senyawa dari organisme hidup saja.

    Namun, dewasa ini kimia organik terlah merambah kepada zat sintetis buatan manusia seperti plastik. Kimia organik berperan penting dalam perkembangan bioteknologi, farmasi, pengolahan minyak bumi dan batu bara, dan juga industri organik.

    • Kimia anorganik

    Adapun kimia anorganik yaitu kebalikan dari kimia organik, yaitu studi tentang senyawa berbasis non-karbon. Berdasarkan situs Chemistry LibreTexts, kimia anorganik adalah studi tentang sintesis, reaksi, struktur, dan sifat senyawa anorganik.

    Senyawa anorganik merupakan senyawa berbasis non-karbon yang biasanya ditemukan pada benda tak hidup. Contohnya adalah logam, mineral, dan juga senyawa organologam. Kimia anorganik menyumoang besar pada perkembangan elektronik, konvensi energi, dan jugateknologi praktis lainnya.

    • Kimia analitik

    Disadur dari situs resmi Institute Teknologi Bandung, kimia analitik adalah disiplin ilmu yang mengembangkan dan menerapkan metode, instrumentasi, dan stratego untuk memperoleh informasi mengenai komposisi dan kondisi material dalam suatu ruang dan waktu tertentu.

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.