Kompas.com - 26/11/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi diksi pendeskripsian hewan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi diksi pendeskripsian hewan

KOMPAS.com – Hewan merupakan makhluk hidup yang sangat beragam. Untuk menjelaskan tentang suatu hewan, kita harus mendeskripsikannya. Misalnya, soal pilihan berikut yang merupakan diksi pendeskripsian hewan adalah:

  1. Gemuk, besar, dan rakus
  2. Daging, ringan, dan bergizi
  3. Halaman, gersang, dan kering

Dari pilihan di atas, diksi yang paling tepat untuk mendeskripsikan hewan adalah pilihan a yaitu gemuk, besar, dan rakus. Mengapa seperti itu? 

Pengertian diksi dan deskripsi

Menurut Widyamartaya dalam buku berjudul Diksi dan Ketepatan Pilihan Kata (1990) diksi atau pilihan kata adalah kemampuan seseorang membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikannya.

Adapun deskripsi menurut Kundharu Saddhono dalam buku Keterampilan Berbahasa Menulis karangan Deskripsi (2019), deskripsi bertujuan memberikan kesan atau impresi kepada pembaca terhadap obyek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan oleh penulis.

Sehingga, disksi pendeskripsi hewan merupakan suatu kata yang dapat mendeskripsikan hewan tertentu. Kata “gemuk, besar, dan rakus” merupakan kata sifat yang dapat mendeskripsikan hewan.

Baca juga: Struktur Teks Deskripsi

Sementara kata “daging” adalah kata benda yang tidak dapat mendeskripsikan hewan. Daging merujuk kepada bagian tubuh makhluk hidup.

Adapun kata “gersang dan kering” merupakan kata sifat yang merujuk pada keadaan suatu lingkungan ataupun habitat tinggal, bukannya mendeskripsikan hewan.

Contoh diksi pendeskripsian hewan 

Misalkan hewan harimau, contoh diksi pendeskripsiannya adalah besar, buas, kuat, dan agresif. Ataupun misalnya kanguru dapat dideskripsikan dengan kata-kata pandai melompat, berkantung, dan juga kuat.

Sehingga, diksi pendeskripsian hewan merupakan pilihan kata yang dapat mendeskripsikan sifat maupun ciri fisik hewan tertentu.

Diksi pendeskripsian hewan kemudian dapat dimasukkan ke dalam kalimat deskripsi hewan sebagai berikut:

  • Kelinci memiliki telinga yang panjang
  • Jerapah memiliki leher dan kaki yang sangat panjang
  • Hiu memiliki gigi tajam yang berganti setiap minggunya
  • Banteng adalah hewan yang besar dan kuat
  • Kura-kura adalah hewan bercangkang keras
  • Trenggiling bercangkang keras dan dapat menggelinding
  • Ulat sutera adalah hewan yang snagat rakus, ia akan makan terus sebelum menjadi kepompong
  • Beruang kutub memiliki bulu yang sangat rapat dan tebal

Baca juga: Deskripsi Pekerjaan sebagai Nelayan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.