Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Kepahlawanan yang Dimiliki Raja Purnawarman

Kompas.com - 15/11/2021, 09:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Penguasa Tarumanegara yang paling terkenal adalah Raja Purnawarman. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!

Sikap kepahlawanan Raja Purnawarman

Berikut beberapa sikap kepahlawanan dari Raja Purnawarman yang bisa diteladani, yaitu: 

Peduli terhadap rakyatnya

Rakyat Kerajaan Tarumanegara mayoritas bertani sebagai mata pencaharian mereka. Raja Purnawarman berusaha untuk mendukung mata pencaharian dan berusaha meningkatkan perekonomin rakyatnya.

Menurut S. Kosoh dalam buku Sejarah Daerah Jawa Barat (1979) dalam Prasasti Tugu, Raja Purnawarman memerintahkan penggalian sebuah kali untuk membuat saluran irigasi yang memperlancar pengairan sawah juga pertanian rakyatnya.

Baca juga: Contoh Sikap Kepahlawanan Masa Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam

Memiliki jiwa sosial yang tinggi

Selain membangun saluran irigasi, Raja Purnawarman juga mengadakan selamatan setelah saluran tersebut selesai dibangun.

Menurut T. Ratna Darmiwati dalam buku Perkembangan Arsitektur di Indonesia (2012) Raja Tarumanegara menghadiahkan 1000 ekor sapi kepada kaum Brahmana.

Memiliki sifat gagah dan berani

Sikap kepahlawanan selanjutnya yang dimuluki oleh Raja Purnawarman adalah sifat gagah dan berani. Hal ini dibuktikan dengan Raja Purnawarman yang bisa mengalahkan musuh-musuhnya dan memperluas daerah kekuasaan Tarumanegara.

Tappil Rambe dalam buku Sejarah Politik dan Kekuasaan (2019) Prasasti Munjuldi Pandeglang menunjukkan daerah kekuasaan Purnawarman membentang dari S Salakanagaraatau Rajatapura (di daerah Teluk Lada Pandeglang) sampai ke Purwalingga (sekarang Purbolinggo) di Jawa Tengah.

Dalam proses penaklukan daerah-daerah tersebut, Raja Purnawarman dikenal sangat gagah dan berani.

Prasasti Jambu bahkan menyebutkan bawa baju zirah Raja Purawarman tidak bisa ditembus senjata musuh. Prasasti tersebut menegaskan kegagahan Raja Purnawarman ketika memimpin pasukannya.

Baca juga: Sikap Teladan dari Raden Ajeng Kartini

Tidak semena-mena

Raja Purnawarman tidak bersifat semena-mena dalam memerintah Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan Tarumanegara dibagi menjadi kerajaan-kerajaan daerah yang lebih kecil dan diperkenankan unruk mengurus pemerintahannya sediri.

Raja Purnawarman menghormati para pangeran dan juga raja daerah di bawah kekuasaannya. Ikap kepahlawanannya membuat Raja Purnawarman disebut sebagai panji segala raja.

Membuka hubungan diplomatik

Raja Purnawarman memiliki pikiran yang terbuka dan bersedia bekerjasama untuk pengembangan kerajaannya. Hal ini dibuktikan dengan hubungan diplomatik yang terjalin antara Kerajaan Tarumanegara dan China melalui perdagangan.

Perdagangan antara China dan Tarumanegara dilakukan melalui sungai-sungai besar. Selain itu, Raja Purnawarman juga kerap kali mengirimkan utusannya ke negeri China sebagai tanda hubungan diplomasi antara keduanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com