Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Memisahkan Virgin Coconut Oil (VCO) 

Kompas.com - 22/10/2021, 19:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh : Titien Suprihatien, Guru SMPN 11 Batang Hari, Batang Hari, Jambi

KOMPAS.com - Virgin coconut oil atau VCO adalah minyak kelapa murni yang dipisahkan dari santan kelapa tanpa merusak kandungan antioksidannya.

VCO memiliki banyak manfaat di antaranya untuk kesehatan dan kecantikan. 

Minyak kelapa yang murni memiliki khasiat tinggi. Ciri minyak kelapa murni adalah bening, aroma wangi kelapa, dan dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama tanpa mengalami oksidasi.

Teknik pemisahan VCO

Teknik pemisahan VCO dapat dilakukan, sebagai berikut: 

  1. VCO  dapat dipisahkan dengan teknik pemisahan campuran sederhana. Dengan memanfaatkan perbedaan massa jenis antara air, galendo dan minyak. Selain itu pada pemisahan ini juga digunakan teknik filtrasi atau penyaringan.
  2. Proses pemisahan VCO dilakukan tanpa menggunakan mesin. Karena penggunaan mesin akan merusak kandungan anti oksidan pada VCO akibat suhu panas dari mesin. Mengakibatkan menurunkan kualitas dan khasiat dari VCO tersebut. 
  3. Teknik memecah ikatan antara galendo dan minyak pada VCO dilakukan agar galendo dan minyak mengalami redeposisi ke zona sesuai massa jenisnya. Sehingga proses pemisahan mudah dilakukan. 

Baca juga: 6 Bahan Alami Terbaik untuk Kulit, Pegagan hingga Minyak Kelapa

Cara memisahkan VCO

Terdapat dua cara untuk memisahkan VCO yang bisa merusak kandungan anti oksidan pada minyak kelapa dan cara yang dapat menjaga khasiat minyak kelapa. Berikut penjelasannya: 

Cara berisiko merusak kandungan anti oksidan minyak 

Ada beberapa cara yang banyak dilakukan masyarakat dalam memisahkan VCO, namun cara ini berisiko merusak kandungan antioksidannya. Di antara cara tersebut adalah :

  1. Memisahkan minyak kelapa dengan cara dipanaskan. Cara ini akan menghasilkan minyak kelapa yang berwarna kuning emas. Minyak yang dihasilkan dengan teknik pemanasan memiliki aroma wangi untuk beberapa hari, namun akan berbau menyengat setelah beberapa hari kemudian. Bau menyengkat ini adalah tanda bahwa minyak miskin anti oksidan karena telah rusak oleh suhu yang tinggi.
  2. Teknik fermentasi, pemisahan VCO dengan teknik fermentasi juga berpotensi menurunkan kualitas minyak karena telah bersentuhan dengan mikroorganisme atau zat asing.
  3. Dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Penjemuran ini juga bertujuan untuk memanaskan, sehingga akan mengakibatkan kenaikan suhu.

Cara tanpa merusak khasiat minyak kelapa

Langkah kerja pembuatan VCO tanpa merusak khasiatnya, yaitu: 

  1. Pilih 5 kelapa yang sudah tua, namun hindari kelapa yang sudah mulai tumbuh. Kupas sabut kelapa dan  belah kelapa menjadi 2 bagian dan kukur atau parut.
  2. Peras kelapa yang sudah diparut, tambahkan sedikit air biasa. Saring dan pisahkan santan kental dari ampas kelapa.
  3. Masukkan santan kelapa ke dalam sebuah plastik  kaca, isi  setengah nya. Dan ikat kuat
  4. Guncang plastik yang berisi santan kelapa menggunakan   tangan selama  20-30 menit dengan kecepatan sedang hingga tinggi
  5. Setelah diguncang, gantung plastik itu menggunakan statif dan biarkan hingga 24 jam.
  6. Setelah 24 jam santan kelapa akan perpisah menjadi 3 bagian , yaitu air, VCO dan galendo
  7. Buang air dengan cara menusuk plastik bagian bawah, biarkan air keluar perlahan hingga habis dan hanya menyisakan galendo dan VCO
  8. Masukkan ke dalam wadah kaca bening, dan ambil VCO yang terpisah sedikit demi sedikit menggunakan sendok dan lakukan filtrasi menggunakan kertas saring atau kertas tisu.
  9. Filtrat yang di hasilkan adalah minyak kelapa murni atau vco, sedangkan residunya adalah galendo. Simpan VCO yang berhasil dipisahkan ke dalam botol.

Baca juga: 6 Bahan Alami Terbaik untuk Kulit, Pegagan hingga Minyak Kelapa

Peralatan memisahkan VCO

Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memisahkan VCO dari kelapa. Di antaranya adalah:

  • Parang untuk mengukas sabut kelapa dan membelah kelapa
  • Kukuran atau patutan kelapa
  • Tiga buah baskom ukuran besar
  • Satu  buah gayung
  • Satu buah saringan kelapa
  • Sarbet bersih
  • Statif
  • Plastik kaca
  • Tali rafia
  • Kertas saring
  • Corong
  • Sendok kecil
  • Sendok besar
  • Gelas kaca bening ukuran besar untuk menampung VCO
  • Botol untuk kemasan VCO

Semakin banyak yang menyadari manfaat dan khasiat VCO, semakin banyak pula produsen yang memproduksi VCO.  Ada yang memisahkan secara tradisioanal dan ada  yang berskala pabrik.

Cara produksi akan memengaruhi kualitas VCO. Pemanasan, kenaikan suhu akan merusak antioksidan yang dikandungnya.  Memisahkan VCO sendiri adalah solusi untuk mendapatkan VCO berkualitas tinggi.

Baca juga: Ketahui Sejuta Manfaat Minyak Kelapa, Bisa Bersihkan Rumah Anda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com