Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Kompor Briket?

Kompas.com - 23/08/2021, 13:15 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKompor briket menjadi salah satu alat masak alternatif yang sering digunakan di Indonesia. Kompor ini termasuk alat masak alternatif karena penggunaannya tanpa gas dan minyak. 

Ada banyak jenis, bentuk, serta ukuran kompor briket, semuanya tergantung pada pemilihan dan penggunaan bahan bakar. Oleh karena kompor ini termasuk alat masak alternatif, bahan bakarnya juga diambil dari bahan bakar alternatif dan atau bahan ramah lingkungan.

Apa itu kompor briket?

Pengertian kompor briket

Menurut Wenkey Mangera P. dalam jurnal “Komet (Kompor Briket)” Sebagai Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan (2018), kompor briket (komet) adalah kompor yang dihasilkan dari daur ulang bahan bekas, seperti kaleng dan logam, yang mempunyai struktur kuat, serta bisa menahan beban dan panas.

Logam, kaleng, atau bahan sejenisnya, bisa diolah menjadi kompor briket dan digunakan untuk memasak. Kompor ini praktis atau mudah dibawa pergi ke mana saja. Selain itu, pembuatannya mudah karena tidak memakan waktu dan biaya banyak.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam di Dataran Rendah

Dalam jurnal Pengaruh Penambahan Silinder dengan Up and Down Grate pada Tungku Pembakaran Biomassa terhadap Unjuk Kerjanya (2019) karya Sallolo Suluh dan Petrus Sampelawang, kualitas panas dan ketahanan kompor briket sangat dipengaruhi oleh bahan baku pembuatan kompornya.

Maka pemilihan bahan bakunya harus benar-benar diperhitungkan. Selain itu, bahan pembuatannya juga harus tahan panas, tahan banting, dan sesuai dengan briket atau bahan bakar yang digunakan.

Briket adalah bahan yang dapat dibakar untuk kemudian digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling lumrah digunakan di Indonesia adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, serta briket biomassa.

Jenis kompor briket

Secara umum, kompor briket dibagi menjadi dua jenis, yakni kompor briket portable dan kompor briket permanen.

  1. Kompor briket portabel
    Dikutip dari buku Ensiklopedia Bahan Bakar Non Minyak (2008) karya Puja Laksana, kompor briket portabel biasanya menggunakan bahan bakar briket batu bara. Jenis kompor ini dapat dipidahkan letaknya, sering digunakan dalam rumah atau rumah makan.
  2. Kompor briket permanen
    Sama seperti jenis sebelumnya, kompor briket permanen juga sering digunakan dengan bahan bakar batu bara. Kompor ini tidak bisa dipindahkan karena memang dibuat khusus untuk permanen. Kompor briket permanen sering digunakan untuk industri kecil dan menengah.

 Baca juga: 5 Sumber Daya Alam dengan Pengaruh Terbesar bagi Manusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com