Kompas.com - 21/05/2021, 10:00 WIB
[Tangkapan Layar] senjata tradisional Sulawesi Tengah, Pasatimpo Youtube/ ID INFO[Tangkapan Layar] senjata tradisional Sulawesi Tengah, Pasatimpo

KOMPAS.com - Sulawesi Tengah merupakan provinsi Indonesia dengan ibukota Palu dan memiliki banyak kebudayaan.

Menurut Direktorat Sejarah dan Seni Tradisional dalam buku berjudul Seni Budaya Masyarakat di Sulawesi Tengah (1992) menyebutkan Provinsi Sulawesi Tenggara dihuni oleh 13 suku bangsa dan lebih dari 100 subetnik dengan ragam bahasa dan budaya.

Salah satu budaya yang lahir adalah senjata tradisional yaitu pasatimpo, guma, dan surampa. Berikut penjelasannya: 

  • Pasatimpo

Pasatimpo adalah senjata tradisional daerah Sulawesi Tengah yang mirip seperti parang. Pasatimpo memiliki bilah bermata satu yang bengkok membentuk sudut siku-siku dengan gagangnya.

Bilah pasatipo memiliki ukuran sepanjang 30 hingga 40 sentimeter dengan bilah yang menggembung di bagian tengah dan runcing pada bagian ujungnya.

Baca juga: Sundu dan Klewang, Senjata Tradisional NTT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasatimpo dilengkapi dengan sarung yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan tali. Gagang pasatimpo juga terbuat dari kayu keras dan dilengkapi cincin besi yang menghubungkan gagang dengan bilah pasatimpo.

Pasatimpo adalah senjata bertuah (berisi roh) sehingga mempunyai kesaktian dan bisa digunakan untuk mengusir roh jahat dan menangkal bala.

  • Guma

Guma adalah senjata tradisional Sulawesi Tengah yang berbentuk pedang. Bilah guma tidak ditempa dari besi, melainkan dari batu yang oleh pandai besi khusus yang juga sakti.

Sehingga Guma merupakan pedang bertuah yang dianggap sakti dan memiliki kekuatan magis yang besar. Guma akan setia pada tuannya dan memberikan kekuatan saat tuannya berada dalam bahaya.

Baca juga: Parang Salawaku dan Tombak, Senjata Tradisional Maluku

Guma memiliki gagang yang terbuat dari kayu dan dibubuhi oleh berbagai ukiran yang menandakan status pemiliknya. Dilansir dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia, ukiran tersebut adalah: 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X