Kompas.com - 07/05/2021, 14:36 WIB
[Tangkapan Layar] alat musik Bende dari Lampung Youtube/ Utak Atik Otak[Tangkapan Layar] alat musik Bende dari Lampung

KOMPAS.com - Setiap wilayah di Indonesia memiliki alat musik daerah yang unik dan khas. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai acara resmi ataupun acara adat.

Lampung memiliki beberapa jenis alat musik daerah yang unik dan khas. Salah satu contohnya bende yang termasuk dalam jenis alat musik idiofon. Bende memiliki suara khas yang ditimbulkan ketika alat musik ini dipukul.

Menurut Gendhis Paradisa dalam buku Ensiklopedia Seni & Budaya Nusantara (2009), bende dimainkan dengan cara dipukul memakai alat khusus. Sekilas bende mirip seperti gong dalam Gamelan Jawa, hanya saja ukurannya lebih kecil.

Bende terbuat dari tembaga atau perunggu. Bentuknya bulat dan pada bagian tengahnya sedikit menonjol ke luar. Bende sering dipadukan bersamaan dengan alat musik lainnya agar menimbulkan irama yang indah.

Baca juga: 7 Alat Musik Daerah Sumatera Barat

Mengutip dari jurnal Musik Trunthung sebagai Media Ekspresi Masyarakat Warangan (2016), bende dipukul menggunakan alat pemukul khusus yang dilakukan secara berulang agar menghasilkan bunyi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alat pemukul bende terbuat dari kayu berukuran panjang 15 hingga 20 sentimeter. Pada bagian salah satu ujungnya diberikan bantalan yang terbuat dari kain, karet atau sejenisnya.

Sebelum menjadi salah satu alat musik tradisional khas Lampung, bende sering digunakan sebagai pemberi peringatan ketika ada informasi penting yang harus disampaikan. Kini bende sering digunakan dalam berbagai acara kebudayaan.

Cara memainkan bende cukup mudah, yakni dengan memukul bagian tengah yang menonjol ke luar menggunakan alat pemukulnya. Keras pelannya saat bende dipukul sangat memengaruhi suara yang dihasilkan. Maka dari itu, dalam memukul bende juga harus dilakukan dengan baik.

Baca juga: Mengenal Gamelan Khas Jawa Tengah dan Yogyakarta


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X