Kompas.com - 07/05/2021, 13:36 WIB
Alat musik Dambus Bangka Belitung kebudayaan.kemdikbud.go.idAlat musik Dambus Bangka Belitung

KOMPAS.com - Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terletak di sebalah timur pesisir Pulau Sumatera.

Bangka Belitung berada di jalur pelayaran penting berupa jalur datang dan perginya saudagar dari China juga Arab

Sehingga budaya Arab banyak memengaruhi kebudayaan Bangka Belitung. Bangka Belitung memiliki banyak alat musik tradisional seperti Dambus, Gendang Melayu, Caklemong, Rebana, Rebab, Gambanga, dan Suling. Berikut penjelasannya:

  • Dambus

Dambus merupakan alat musik petik khas Bangka Belitung yang lahir dari akulturasi budaya Melayu dan Islam dari saudagar Arab yang masuk melalui jalur perdagangan.

Dilansir dari Warisan Budaya Takbenda Indonesia, dambus terbuat dari kayu dan ujungnya diukir berbentuk kepala rusa atau kijang yang indah.

Baca juga: Alat Musik Daerah Jambi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dambus dilengkapi oleh tiga buah senar ganda, namun dewasa ini dambus lebih bervariasi dengan jumlah senar yang berbeda-beda. Dambus dihiasi dengan ukiran dan juga kulit binatang pada badannya dan menghasilkan suara yang nyaring namun indah.

  • Gendang Melayu

Gendang melayu adalah alat musik tabuh yang biasanya digunakan sebagai instrument pelengkap dalam memainkan dambus. Keduanya dimainkan secara beriringan agar mendapatkan alunan musik yang indah dan teratur.

Gendang melayu terbuat dari kayu cekung yang ditutupi oleh kulit binatang, ketika ditabuh akan menghasilkan suara yang keras.

  • Caklemong

Caklemong adalah alat musik tradisional Bangka Belitung yang terdiri dari gong perunggu atau kuningan kecil. Gong-gong kecil tersebut kemudian disusun diatas kayu sehingga memiliki bentuk yang mirip dengan gamelan.

Caklemong juga bisanya dimainkan bersama dengan gambus dengan cara dipukul oleh kayu berbalut kain.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X