Kompas.com - 06/05/2021, 15:12 WIB
[Tangkapan Layar] alat musik Dol, daerah Bengkulu Youtube/ Disgiovery[Tangkapan Layar] alat musik Dol, daerah Bengkulu

KOMPAS.com - Bengkulu memiliki beberapa jenis alat musik tradisional yang masih terus digunakan hingga saat ini.

Tiap alat musik tersebut memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing sesuai dengan nilai kebudayaan yang tumbuh serta berkembang di Bengkulu.

Dol dan tassa menjadi contoh alat musik daerah khas Bengkulu. Selain itu, provinsi ini juga masih memiliki sejumlah alat musik daerah lainnya.

  • Dol

Mengutip dari Seni Musik Tradisi Nusantara (2020) karya Ketut Wisnawa, dol termasuk jenis alat musik membranofon yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian membrannya menggunakan alat pemukul khusus.

Dol hampir mirip seperti bedug berukuran kecil. Bentuknya setengah bulat dan lonjong, diberi hiasan warna warni pada bagian badannya.

Baca juga: Akordeon, Alat Musik Daerah Sumatera Selatan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dol terbuat dari bahan kayu atau bonggol kelapa yang berbobot ringan dan kuat agar mudah dibawa. Bonggol kelapa tersebut diberi lubang pada bagian atasnya dan ditutup dengan kulit kambing atau kulit sapi.

Dilansir dari situs Encyclopedia Jakarta, dol memiliki diameter sekitar 70 hingga 125 sentimeter dengan tinggi 80 sentimeter.

Alat pemukul dol dibuat dari bahan kayu dengan panjang 30 sentimeter dengan diameter bagian ujungnya sebesar 5 sentimeter. Pada bagian ujung pemukul kayu dilapisi dengan kain agar suara yang dihasilkan lebih baik.

  • Tassa

Tassa merupakan alat musik sejenis rebana yang dimainkan dengan cara dipukul memakai kayu rotan. Cara memainkan tassa atau tasa kurang lebih hampir sama dengan rebana. Perbedaan antar keduanya terletak pada bahan pembuatannya.

Rebana dibuat dari kulit binatang dan kayu sebagai bahan utama pembuatannya. Sedangkan tassa dibuat dari aluminium atau besi atau tembaga, kemudian pada bagian membrannya dibuat dari kulit binatang. Dalam perayaan atau acara tertentu, tassa sering dimainkan bersamaan dengan dol.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X