Kompas.com - 16/03/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi negosiasi www.apartmenttherapy.comIlustrasi negosiasi

KOMPAS.com - Saat mendengar kata negosiasi, apakah yang tersirat di pikiranmu? Negosiasi biasanya dikaitakan dengan suatu kegiatan yang besar seperti urusan bisnis atau pemerintahan. Padahal sebenarnya negosiasi terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari Forbes, negosiasi adalah kompromi di mana dua pihak atau lebih berkumpul, berdiskusi, dan mencapai hasil yang memenuhi kebtuhan semua pihak yang terlibat.

Begitu juga dengan teks negosiasi, teks negosiasi berisi negosiasi dua pihak atau lebih untuk mencapai suatu kesepakatan. Singkatnya negosiasi bida disebut sebagai tawar-menawar.

Tujuan dari pembuatan teks negosiasi adalah mengatasi perbedaan, menyelesaikan perselisihan, mengakhiri sengketa, mencapai kesepakatan, dan memperoleh keuntungan untuk kedua belah pihak secara sukarela tanpa adanya paksaan.

Struktur Teks Negosiasi

  • Orientasi

Orientasi adalah proses awal dari negosiasi saat pembicaraan atau tawar-menawar mulai dilakukan. Orientasi dapat berupa ucapan sala, sapaan, maupun pertanyaan awal akan hal yang akan didiskusikan.

  • Pengajuan

Pengajuan merupakan inisiasi dari satu pihak untuk mencapai suatu keinginan. Pengajuan dilakukan satu pihak untuk mengungkapkan keinginannya akan pihak lain. Dalam pengajuan phak-pihak yang terlibat akan mengungkapkan tujuan masing-masing yang ingin dicapai.

  • Penawaran

Penawaran adalah inti dari negosiasi itu sendiri. Penawaran timbul karena adanya pengajuan. Saat pengajuan satu pihak dianggap tidak sesuai dengan tujuan pihak lainnya, biasanya pihak yang tidak setuju akan melakukan penawaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua pihak akan saling bernegosiasi (tawar-menawar) yang didasari oleh perbedaan masing-masing. Penawaran bisa terjadi dengan cepat maupun lambat tergantung pada kompromi yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

  • Persetujuan

Persetujuan adalah hasil dari negosiasi di mana kedua pihak telah mencapai kesepakatan. Dalam persetujuan, perbedaan kedua belah pihak telah diatasi dan menghasilkan perjanjian yang saling menguntungkan tanpa adanya paksaan.

  • Penutup

Penutup adalah akhir proses dari negosiasi dimana kedua belah pihak saling melontarkan ucapan terima kasih dan juga salam untuk mengakhiri diskusi.

Baca juga: Hewan-Hewan yang Tidur dengan Cara Unik

Contoh Teks Negosiasi

Orientasi
Ari: “Hai Risa, perkenalkan aku Kevin, kita satu kelompok ya”
Risa: “Hai Kevin, iya kita satu kelompok untuk membuat makalah dan presentasi tentang sumber daya alam”
Ari: “Gimana pembagian tugasnya ris?”
Pengajuan
Risa: ”Gimana kalau kita ngumpulin bahan masing-masing, terus aku yang mengerjakan makalah dan kamu yang kerjain presentasi?”
Ari: “Kalau gitu namanya kerja sendiri bukan kerja kelompok, Ris. Aku maunya kita cari bahan bareng-bareng dan aku yang mengerjakan makalah”.
Penawaran
Risa: “Aduh aku hari ini engga bisa cari bahan bareng-bareng karena harus cepat pulang”
Ari: “Yasudah kalau gitu gimana kita cari bahannya besok saja di perpustakaan kamu bisa?”
Risa: “Bisa, tapi kamu yang ngerjain presentasi soalnya aku gabisa bikin power point”
Ari: “Laptopku rusak Ris jadi gabisa bikin power point”
Risa: “Kamu bisa pakai laptopku Ri, gimana?”
Persetujuan
Ari: “Iya deh Ris, biar aku yang ngerjain power point dan kamu yang ngerjain makalah”
Risa: “Iya Ri, aku bakal kerjain makalahnya sebaik mungkin”
Penutup
Ari: “Kalau gitu sampai ketemu besok di perpustakaan ya”
Risa: “Iya Ri, sampai ketemu”

 


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X