Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Kompas.com - 09/01/2023, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comNegosiasi adalah istilah komunikasi yang kerap terdengar dan juga dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan negosiasi? Untuk mengetahuinya, berikut adalah pengertian negosiasi menurut para ahli!

Rubin dan Brown

Menurut J. Z. Rubin dan B. R. Brown dalam The Social Physiology of Bargaining and Negotiation (1975), negosiasi adalaah proses di mana indivisu bekerja sama untuk merumuskan kesepakatan tentang masalah yang disengketakan.

Leigh Thompson

Menurut Leigh Thompson dalam buku The Mind and Heart of the Negotiator (1998), negosiasi adaalah proses pengambilan kepitusan antar pribadi yang diperlukan setiap kali kita tidak dapat mencapai tujuan kita sendiri.

Baca juga: Sikap Negosiasi dan Tahapannya

Max H. Bazerman dan Don A. Moore

Menurut Max H. Bazerman dan Don A. Moore dalam buku berjudul Judgment in Managerial Decision Making (1986), negosiasi adalah ketika kedua pihak atau lebih mengambil keputusan bersama walaupun memiliki preferensi yang berbeda.

Stephen P. Robbins

Menurut Stephen P. Robins dalam buku berjudul Conflict and Negotiation (2003), pengertian negosiasi adalah proses dua pihak atau lebih yang saling bertukar batang dan jasa dalam upaya menyepakati tingkat kerja sama bagi mereka.

R. McGuire

Menurut R. McGuire dalam buku Negotiation: An Important Life Skill (2004), negosiasi adalah keterampilan hidup yang membantu mencapai kompromi dalam situasi di mana kepentingan terpolarisasi (adanya perbedaan kepentingan).

Baca juga: Jenis-jenis Teks Negosiasi

Ann Jackman

Pengertian negosiasi menurut Ann Jackman dalam bukunya yang berjudul How to Negotiate (2005), negosiasi adalah proses antara dua pihak atau lebih yang pada mulanya memiliki pemikiran berbeda, hingga akhirnya mencapai kesepakatan.

Ilana Zohar

Menurut Ilana Zohar dalam buku  berjudul The Art of Negotiation: Leadership Skill Required for Negotiation in Time of Crisis (2015), negosiasi adalah menemukan resoluasi untuk konflik antara orang, kelompok, dan berbagai symber daya yang sedemikian rupa sehingga situasi menang-menang (win-win) tercapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com