Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan-Hewan yang Tidur dengan Cara Unik

Kompas.com - 14/03/2021, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir semua makhluk hidup membutuhkan tidur. Seperti manusia, hewan juga tidur. Bedanya, mereka tidak tidur di atas kasur atau sofa.

Hewan memiliki cara berbeda untuk tidur. Beberapa hewan bahkan tidur dengan cara yang sangat aneh. 

Berikut adalah hewan dengan cara tidur yang tidak biasa!

  • Jerapah


Jerapah memiliki leher dan kaki yang sangat panjang. Cara tidur jerapah sangatlah unik. Mereka akan melipat leher dan keempat kakinya sedemikian rupa untuk mendapatkan posisi nyaman.

Dilansir Thomson Safaris, jerapah hanya tidur rata-rata selama 30 setiap malamnya. Waktu tidur yang singkat adalah hasil evolusi agar jerapah tidak menjadi sasaran empuk predator jika kelamaan tertidur.

  • Paus Sperma

Kelompok paus sperma yang sedang tidur dalam airscientificamerican.com Kelompok paus sperma yang sedang tidur dalam air

Paus sperma tertidur dengan cara mengapung secara vertikal di kedalaman laut. Paus sperma tidur secara berkelompok dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam. Dalam kondisi tertidur, paus sperma menahan nafasnya hingga ia terbangun.

Baca juga: Tidak Memejamkan Mata, Bagaimana Cara Ikan Tidur?

  • Berang-Berang Laut

Berang-berang laut tidur mengambang di atas airoceana.org Berang-berang laut tidur mengambang di atas air

Berang-berang laut tidur dengan cara terlentang dan mengambang di atas permukaan air. Dilansir dari National Geographic, berang-berang laut menjerat dirinya sendiri dengan rumput laut seperti jangkar pada kapal agar tidak terlalu jauh terbawa ombak.

Berang-berang yang tidur terlihat sangat menggemaskan, belum lagi terkadang mereka tidur sembari berpelukan.

  • Kelelawar

Kelelawar tertidur terbalikonekindplanet.org Kelelawar tertidur terbalik

Kelelawar tidur dengan tubuh terbalik di siang hari. Mereka tidur dengan cakar yang mencengkram batang pohon, atap gua, atau di tempat tinggi lainnya.

Kelelawar tertidur terbalik untuk menghindari predator yang memangsanya saat tidur dan memudahkannya saat akan terbang.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Kelelawar Tidur Terbalik?

  • Walrus

Walrus yang tidur dengan gading tertancap di pasirmediadrumworld.com/ Mike Korostelev Walrus yang tidur dengan gading tertancap di pasir

Walrus adalah mamalia air yang dapat tidur di mana saja. Dilansir dari NBC News, walrus bisa tidur di berbaring di daratan, berdiri, bersandar, mengapung di dalam air, bahkan menggelantung pada es dengan gadingnya.

  • Monyet Salju Jepang

Monyet salju yang tertidur dalam mata air panasneprimateconservancy.org Monyet salju yang tertidur dalam mata air panas

Monyet salju jepang atau Japanese mascaques adalah monyet yang ditemukan di pulau Kyushu, Shikoku, dan Honsu di Jepang. Mereka biasanya tidur malam di atas batang pohon. Namun di siang hari, mereka sering tertidur sembari berendam di mata air panas.

  • Singa

Singa betina yang mengantukaustraliangeographic.com.au Singa betina yang mengantuk

Singa tertidur dengan cara berbaring seperti kucing, macan, harimau, dan keluarga felidae lainnya. Namun singa dapat tertidur dari mulai 15 jam hingga 20 jam sehari apalagi jika dalam keadaan kenyang.

Singa yang berkelompok di alam liar cenderung lebih lama tidur karena perasaan aman, sedangkan singa individual di kebun binatang cenderung tidur lebih sebentar karena perasaan was-was akan predator lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com