Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Warna Asli Beruang Kutub Bukan Putih

Kompas.com - 14/03/2021, 10:08 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beruang kutub adalah salah satu jenis beruang yang memiliki nama latin Ursus martimus. Seperti namanya, beruang kutub tinggal di daerah kutub yang sangat dingin.

Apakah warna beruang kutub? Mungkin kamu akan menjawab putih seperti salju tempat tinggalnya. Namun tahukah kamu bahwa warna asli beruang kutub bukanlah putih?

Beruang kutub memiliki kulit yang berwarna hitam, sedangkan bulunya tidak berwarna atau transparan. Bulu beruang kutub terdiri dari dua lapisan yang melindunginya dari suhu kutub yang sangat dingin.

Baca juga: Mengapa Cheetah dan Kuda Sangat Lincah?

blogionik.org Bulu beruang kutub dilihat dari mikroskop SEM

Dilansir dari Blogionik, bulu beruang kutub terbuat dari keratin tanpa pigmen sehingga tidak berwarna (bening atau transparan). Bulunya juga memiliki rongga di dalamnya seperti sebuah serat optik. Cahaya Matahari akan masuk ke dalam bulu beruang kutub yang bening dan diteruskan ke rongga dalamnya.

Cahaya akan diserap oleh satu bulu, dan dipantulkan keluar bulu oleh rongga dalamnya. Pantulan ini akan ditangkap oleh bulu yang lain dan dipantulkan kembali secara terus-menerus.

Hal ini menciptakan hamburan cahaya berwarna putih. Bulu beruang juga memantulkan cahaya putih dari lapisan es yang berwarna putih. Pemantulan cahaya dalam serat bulu beruang kutub adalah ilusi optik yang terjadi secara alami.

Inilah mengapa warna beruang kutub tidak terus-menerus berwarna putih bersih. Saat senja, bulu beruang akan berwarna kemerahan karena menghamburkan cahaya langit yang kemerahaan.

Saat berada di kebun binatang dengan rumput hijau, beruang kutub juga akan terlihat kehijauan akibat bulunya memantulkan cahaya hijau dan tumbuh alga di bulunya.

Dilansir dari Earth Rangers, beruang kutub yang hidup di daratan dengan sedikit salju akan berwarna kecoklatan seperti permukaan tanah. Sementara beruang kutub yang tinggal dilapisan es tebal akan berwarna putih bersih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com