Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Anjing Selalu Setia kepada Pemiliknya

Kompas.com - 13/03/2021, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing menjadi salah satu hewan yang bisa dijadikan sahabat dan teman bermain. Kesetiaan anjing terhadap tuannya tidak perlu diragukan lagi.

Anjing senantiasa menunggu tuannya yang sedang bepergian. Anjing juga selalu menjaga pemiliknya dari segala hal yang dianggap dapat membahayakannya.

Maka tidak mengherankan, jika banyak orang menganggap anjing sebagai hewan paling setia dan salah satu hewan peliharaan favorit.

Tahukah kamu mengapa anjing selalu setia kepada pemiliknya?

Mengutip dari situs Michelson Found Animals, ternyata kedekatan antara manusia dan anjing sudah terjadi sejak zaman prasejarah, karena kedua makhluk hidup ini telah berevolusi secara bersama-sama.

Baca juga: Mengapa Anjing Selalu Menjulurkan Lidah?

Para peneliti memperkirakan sekitar 135 ribu tahun yang lalu, anjing memisahkan diri dari nenek moyang mereka, yakni serigala. Hal ini diperkuat dengan temuan bukti arkeologi berupa tulang anjing di sekitar permukiman manusia 13 ribu tahun yang lalu.

Dari hasil temuan arkeologi ini, dapat dikatakan jika kedekatan anjing dan manusia telah terjalin sejak 13 ribu tahun yang lalu. Antara anjing dan manusia saling berkaitan dan berdekatan satu sama lain.

Anjing si hewan sosial

Anjing termasuk dalam hewan kawanan atau makhluk sosial. Anjing lebih suka bermain dan ditemani hewan lainnya. Perilaku ini juga termasuk caranya dalam mempertahankan hidup.

Dilansir dari situs Hills Pet, sikap atau perilaku hewan sosial yang dimiliki anjing dapat memudahkan mereka untuk mengembangkan ikatan kuat kepada yang mereka anggap sebagai anggota kawanannya.

Dalam kehidupannya, anjing sering menjalin hubungan persahabatan dengan anjing dan binatang lainnya. Namun, tampaknya jalinan persahabatan anjing lebih terlihat jelas dan kuat dengan manusia.

Baca juga: Anjing Laut dan Singa Laut, Serupa Tapi Tak Sama

Mengapa bisa?

Anjing mengetahui jika manusia atau tuannya sering merawat dan memenuhi kebutuhan mereka. Contohnya dengan memberi makan, tempat berteduh dan lain sebagainya.

Sebagai imbalan, anjing memberikan rasa persahabatan dan kesetiaan kepada manusia. Dalam Psychology Today, disebutkan jika hubungan yang terjalin antara manusia dan anjing bisa membuat hewan tersebut lebih mengenal tuannya.

Anjing mempelajari dan mengembangkan kemampuan berempatinya dengan manusia. Anjing juga mempelajari cara membaca gerak gerik tubuh, ekspresi wajah serta cara mereka berkomunikasi dengan manusia.

Hal ini tentunya semakin memperkuat jalinan hubungan antara anjing dengan manusia. Karena mereka akan semakin memahami kebiasaan, perilaku, bagaimana manusia memperlakukannya dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com