Anjing Laut dan Singa Laut, Serupa Tapi Tak Sama

Kompas.com - 26/01/2020, 10:00 WIB
Singa laut, mampu berdiri bahkan barjalan di daratan shutterstock.comSinga laut, mampu berdiri bahkan barjalan di daratan

KOMPAS.com - Anjing laut dan singa laut merupakan binatang yang serupa tapi tak sama. Mereka berada di subordo taksonomi yang sama yaitu Pinnipedia.

Pinnipedia merupakan kelompok hewan laut yang bisa naik ke darat untuk melakukan aktivitas, bahkan berkembang biak.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, ciri dari hewan yang masuk dalam Pinnipedia adalah memiliki empat sirip, lapisan lemak di bawah kulitnya dan bernapas dengan paru-paru.

Kemudian apa saja bedanya anjing laut dan singa laut? Berikut faktanya:

Anjing laut tidak memiliki daun telingashutterstock.com Anjing laut tidak memiliki daun telinga
Daun Telinga

Perbedaan yang bisa dilihat secara jelas terletak pada daun telinga. Anjing laut memiliki telinga di kedua sisi kepalanya, tetapi tidak memiliki daun telinga.

Sedangkan singa laut memiliki daun telinga yang bentuknya memanjang.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Katak Bernyanyi Usai Hujan?

Sirip

Anjing laut memiliki sirip pendek di depan, bercakar, dan berbulu. Sirip belakang anjing laut tidak bisa ditekuk ke depan.

Sedangkan singa laut memiliki sirip depan yang panjang, berkuku pendek, dan tidak berbulu. Sirip belakangnya justru bisa ditekuk ke depan.

Rambut

Anjing laut memiliki bulu, namun sangat halus dan pendek. Sehingga jarang sekali bisa terlihat dari jauh.

Singa laut justru memiliki rambut yang terlihat dan terbagi menjadi dua keluarga, yaitu singa laut dan anjing laut berbulu (fur seals). Namun ukuran singa laut lebih besar dibandingkan anjing laut berbulu.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X