Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Patung Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 07/03/2021, 16:20 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Patung memiliki nilai artistik dan keindahan. Siapa saja bisa dibuat terpukau dengan karya seni ini. Tidak sedikit pula wisatawan dibuat takjub dengan ukuran patung yang sangat tinggi.

Patung dengan ukuran yang sangat tinggi itu tersebar di berbagai belahan dunia. Salah satunya di Indonesia.

Tahukah kamu patung apa saja patung tertinggi di dunia? Berikut penjelasannya yang mengutip dari situs Ease My Trip:

Statue of Unity di Gujarat, India

Statue of Unity atau patung persatuan di Distrik Narmada, Gujarat, India merupakan patung tertinggi di dunia.

Patung ini memiliki tinggi 597 kaki atau sekitar 182 meter. Jika ditambah dengan permukaan alasnya, tinggi patung ini bisa mencapai 790 kaki atau 240 meter.

Patung ini menampilkan Sardar Vallabhbhai Patel yang merupakan seorang negarawan dan aktivis kemerdekaan India. Proyek pembangunan patung ini menelan biaya Rp 6 triliun.

Spring Temple Buddha di Cina

Spring Temple Buddhahttp://www.cheryltay.sg/henan-china-spring-temple-buddha/ Spring Temple Buddha
Patung Spring Temple Buddha yang terletak di Henan, Cina, ini memiliki tinggi 420 kaki atau sekitar 128 meter. Jika ditambah dengan alasnya, ketinggian patung ini bisa mencapai 682 kaki atau 208 meter.

Patung ini menggambarkan Buddha Vairocana yang sedang berdiri di atas singgasananya yang berbentuk teratai. Proyek pembangunan patung ini menghabiskan biaya sekitar Rp 733 miliar.

Spring Temple Buddha terbuat dari 108 kilogram emas, 3.300 ton tembaga dan ditambah 15 ribu ton baja khusus. Pembangunan patung ini dimulai pada 1997 dan selesai pada 2008.

Garuda Wisnu Kencana di Indonesia

Obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, Bali.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, Bali.
Patung Garuda Wisnu Kencana di Bukit Ungasan, Bali termasuk dalam daftar patung tertinggi di dunia. Patung dengan ketinggian 121 meter ini menelan biaya pembuatan sekitar Rp 450 miliar.

Tidak hanya menjadi salah satu ikon Kota Bali, tetapi juga menjadi salah satu patung tertinggi di dunia. Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan karya seniman Nyoman Nuarta.

Patung ini menampilkan Dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung Garuda. Proyek pembangunan patung ini dimulai pada 1997 dan selesai pada 2018.

Laykyun Sekkya di Myanmar

Laykyun Sekkya BuddhaPinterest Laykyun Sekkya Buddha
Patung Laykyun Sekkya mulai dibangun pada 1996 dan membutuhkan waktu 12 tahun untuk menyelesaikannya. Patung ini resmi dibuka untuk umum pada Februari 2008.

Patung ini memiliki ketinggian 381 kaki atau sekitar 116 meter. Jika ditambah dengan alasnya, maka ketinggiannya mencapai 424 kaki atau 129, 2 meter.

Laykyun Sekkya menampilkan dua patung dengan pose berbeda, yakni berdiri dan berbaring. Warnanya didominasi warna kuning keemasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com